Presiden maknai nilai "Cast Away" pertahankan kondisi ekonomi bangsa

Presiden maknai nilai "Cast Away" pertahankan kondisi ekonomi bangsa

Presiden Joko Widodo saat acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2019 di Raffles Hotel, Jakarta pada Kamis (28/11/2019). (Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2019 memaknai nilai-nilai dalam Film "Cast Away" dalam mempertahankan kondisi ekonomi bangsa.

"Kalau dihubung-hubungkan dengan ketidakpastian tadi, pertama harus mampu bertahan di tengah kesulitan yang menimpa dirinya. Chuck Nolland mengalami ini, yang diperankan Tom Hanks tadi. Jadi mampu bertahan di tengah kesulitan yang menimpa dirinya," kata Jokowi dalam sambutannya di Raffles Hotel, Jakarta pada Kamis.

Menurut Presiden, suatu negara harus berupaya mencari sumber daya baru untuk bertahan di tengah terpaan pelambatan ekonomi global.

Kemudian nilai ketiga yakni tetap optimis dalam menghadapi tekanan.

"Jangan kalau ada tekanan eksternal kita berbicaranya pesimis, 'wait and see', ya nggak akan memecahkan masalah," kata Presiden.

Acara pertemuan itu mengangkat tema "Sinergi, Transformasi, Inovasi, Menuju Indonesia Maju".

Sejumlah pejabat yang hadir antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Gubernur BI Perry Warjiyo.

"Cast Away" tayang pada akhir 2000 dan menceritakan tentang seorang pilot pesawat kargo yang terdampar di suatu pulau tak berpenghuni dan harus bertahan hidup.

Tom Hanks mencoba upaya menggunakan rakit buatan untuk keluar dari pulau itu hingga akhirnya ditemukan oleh kapal yang melintas. 


Baca juga: Jokowi: Jangan kufur nikmat, ekonomi kita masih tumbuh
Baca juga: Presiden ingatkan ancaman resesi ekonomi tahun depan
Baca juga: Pemerintah perkuat fasilitas perpajakan dorong penguatan ekonomi

 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar