Jakarta (ANTARA) - Profesi make up artist dinilai telah menjadi profesi yang bergengsi dan menjanjikan di Tanah Air seiring perkembangan industri tata rias di Indonesia.

"Dulu profesi make up artist belum dianggap sebagai profesi yang menarik, lain halnya dengan generasi millennial saat ini. Karenanya tak heran, tidak sedikit karyawan atau lulusan akademisi yang justru lebih memilih berkarier sebagai make up artist," ujar Professional Make up Artist Indonesia Arman Armano di Jakarta, Kamis.

Seiring perkembangan modernisasi, lingkup profesi make up artist pun sekarang juga mulai beragam, dari make up wedding dengan berbagai adat dan pakem budaya Indonesia.

Baca juga: Kiat berdandan dari make up artist Korea

Kemudian, make up special effect untuk kebutuhan perfilman atau pun panggung, make up untuk kebutuhan shooting, baik itu televisi maupun advertising, beauty blogger, fashion & fantasy make up untuk kebutuhan photography, beauty guru dan lain lain.

"Profesi make up artist sudah telah menjadi bagian penting di industri kreatif di Indonesia," kata pendiri sekolah make up Arman Armano Academy itu.

Demi meningkatkan peran dalam industri kecantikan di Tanah Air, Arman menggelar Arman Armano Make up Award (AAMA) 2019 sebagai ajang penghargaan bagi make up artist di dalam negeri.

Baca juga: Tiru dandanan kilat Agnez Mo dalam waktu 23 menit

Ajang kompetisi make up bertaraf nasional yang baru pertama digelar itu diikuti oleh sekitar 700 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Puncak penghargaan berlangsung di Sasana kriya Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, pada 27 November 2019.

Dengan sistem penjurian yang sangat ketat Indriani Hasan terpilih sebagai sebagai juara umum AAMA 2019. Juri yang terlibat dalam ajang itu antara lain Tasya Farasya, Bubah Alfian, Irwan Riady, Slam Wiyono, Olis Herawati, Nanath Nadia dan Rangga Juans.

Juara umum AAMA 2019 mendapatkan hadiah uang tunai, kontrak eksklusif, dan akan melakukan rangkaian beauty road show ke berbagai wilayah di Indonesia bersama Arman Armano Academy.

Baca juga: Begini dandanan Olivia Munn di tangan penata rias Indonesia

Pewarta: Subagyo
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019