"Pendidikan politik kali ini kita susun dengan tema berkaitan dengan pembangunan dan Pancasila supaya pembangunan yang kita rencanakan dan laksanakan tetap berpegang teguh terhadap nilai-nilai Pancasila," kata Ketua Penyelenggara Kegiatan Pendidikan
Jakarta (ANTARA) - Partai Golkar menggelar Pendidikan Politik 2019 yang menekankan tentang pentingnya nilai-nilai Pancasila.

"Pendidikan politik kali ini kita susun dengan tema berkaitan dengan pembangunan dan Pancasila supaya pembangunan yang kita rencanakan dan laksanakan tetap berpegang teguh terhadap nilai-nilai Pancasila," kata Ketua Penyelenggara Kegiatan Pendidikan Politik Partai Golkar 2019, Yahya Zaini, di Jakarta, Kamis.

Bagi Partai Golkar, kata dia, Pancasila sudah mestinya dijadikan arah dan panduan dalam mencapai tujuan pembangunan, yakni masyarakat adil dan makmur.

Menurut dia, nilai-nilai Pancasila tidak boleh luntur di tengah guncangan zaman dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Pancasila yang menjadi roh pembangunan dapat dipotret dari bentuk kebijakan publik yang diambil oleh pemerintah.

"Melalui pendidikan politik yang bertemakan nilai-nilai Pancasila dalam pembangunan ini, diharapkan pembangunan dapat selaras dengan cita-cita Pancasila. Kita mesti menjaga pembangunan yang sesuai dengan nilai Pancasila," katanya dalam keterangan tertulisnya.

Dalam kegiatan pendidikan politik ini juga, kata Yahya, dimaksudkan untuk memberikan penguatan dan pemahaman kepada masyarakat yang diundang akan nilai penting Pancasila dalam era 4.0 sekarang ini.

Ia berharap agar jangan sampai nilai-nilai Pancasila yang menjadi akar dan tujuan utama pembangunan luntur dan hilang.

"Penekanan mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sangat penting, mengingat rongrongan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara terus terjadi. Maraknya hoaks dan politik identitas sungguh tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila," kata Yahya.
Baca juga: Golkar gelar pendidikan politik mengejawantahkan ideologi Pancasila

Karena itu, sebagai partai tengah yang selalu menjadi benteng Pancasila, Partai Golkar terus berupaya mendorong agar nilai-nilai Pancasila aktual, dapat dipahami dan dapat dilaksanakan dalam berbagai kehidupan masyarakat.

"Jangan sampai pula, kita kehilangan pegangan dalam melakukan pengambilan kebijakan. Misalnya soal investasi, Indonesia tentu sangat butuh. Tetapi Partai Golkar ingin agar investasi yang hadir di Indonesia benar-benar menyentuh sektor riil, dapat mengurangi kemiskinan dan pengangguran," ujarnya pula.

Melalui kegiatan pendidikan politik ini, Partai Golkar juga mendorong peningkatan peran partai politik dalam upaya pemantapan ideologi Pancasila dan keutuhan NKRI, mendorong kebijakan pro-investasi untuk pertumbuhan ekonomi yang berkualitas serta pemantapan demokrasi melalui pengelolaan keuangan partai politik yang transparan.

"Intinya kegiatan pendidikan politik ini kita dedikasikan bagi peningkatan demokrasi yang dapat menyejahterahkan masyarakat Indonesia," ujar Yahya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019