Kami meyakini generasi milenial ini akan menjadi motor penggerak ekonomi dan potensi pasar wealth management di segmen ini sangat besar...
Jakarta (ANTARA) - Bank Mandiri melalui perusahaan anaknya, Mandiri Capital Indonesia bersama Finch Capital menyepakati penyuntikan pendanaan Pre-Series A kepada Halofina, platfom fintech yang fokus pada perencanaan dan pengelolaan keuangan digital.

Pada industri modal ventura, pendanaan tipe Pre Series A sendiri memiliki kisaran investasi sebesar 1 juta dolar AS hingga 5 juta dolar AS atau sekitar Rp14 miliar hingga Rp70 miliar.

CEO Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro saat jumpa pers di Jakarta, Jumat, mengatakan pihaknya selaku lead investor pada pendanaan ini sangat tertarik dengan ide Halofina dan berharap untuk dapat terlibat dalam mendorong perusahaan ini tumbuh ke depannya.

“Bagi kami, investasi melalui Halofina ini sangat strategis untuk memperkuat presence Mandiri Group di kalangan milenial serta di industri tekfin secara global. Investasi ini juga menegaskan keinginan Mandiri Group untuk merangkul industri tekfin dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Tanah Air," ujar Eddi.

Eddi menjelaskan pihaknya terus mencari usaha rintisan (startup) tekfin potensial yang mampu menghadirkan efisiensi dan kemudahan usaha dari aspek finansial.

Dengan Halofina, saat ini Mandiri Capital Indonesia telah melakukan penyertaan modal di 13 tekfin, antara lain Amartha, PrivyID, Moka, dan Investree.

"Tahun depan, kami berencana untuk berinvestasi lagi di dua atau tiga startup lagi," kata Eddi.

Finch Capital, modal ventura yang berfokus pada fintech dengan catatan panjang dalam berinvestasi di Eropa dan Asia Tenggara, juga mengambil bagian dalam pendanaan Pre-Series A Halofina.

Finch Capital sangat optimistis dengan potensi wealth management di generasi milenial dan percaya bahwa Halofina berada di jalur yang tepat.

Baca juga: Lembaga keuangan genjot kolaborasi fintech dorong inklusi

Sementara itu, CEO dan Co-Founder Halofina Adjie Wicaksana mengatakan suntikan modal tersebut akan digunakan untuk mengembangkan Halofina sehingga berpeluang meraih pendanaan tipe Series A dalam waktu yang singkat, yakni pada pertengahan tahun depan.

"Kami meyakini generasi milenial ini akan menjadi motor penggerak ekonomi dan potensi pasar wealth management di segmen ini sangat besar dalam beberapa tahun ke depan. Harapannya nanti Halofina juga dapat digunakan oleh perbankan, asuransi, dan manajer investasi," ujar Adjie.

Baca juga: Putri Tanjung dan Taufan diajak Jokowi ke Subang beri sentuhan fintech

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019