Cibinong, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor Jawa Barat, Ade Yasin mengatakan akan memberikan insentif kepada aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Bogor yang mendukung program Presiden Joko Widodo, yakni memangkas birokrasi dalam pengurusan izin.

"Memang pengen dipercepat. Selama tidak melanggar aturan, bantu dipercepat bahkan kita tidak sungkan-sungkan mengasih insentif," ujarnya kepada awak media usai upacara peringatan hari Korpri ke-48 di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat.

Menurutnya, hal itu merupakan realisasi dari pidato Presiden Jokowi yang ia sampaikan saat menjadi inspektur Upacara Hari Korpri. Pemangkasan birokrasi dibutuhkan untuk mempercepat pelayanan terhadap masyarakat.

Baca juga: Ekonom serukan agar Presiden Jokowi pangkas birokrasi hingga daerah

"Terkait sambutannya Pak Jokowi tadi yang dibacakan, saya setuju dengan pemangkasan birokrasi, hal itu untuk mempercepat pelayanan dan memperbanyak inovasi. Jangan hanya bekerja statis tapi harus dinamis," kata Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Ade Yasin mengatakan, salah satu cara memangkas birokrasi itu bisa dilakukan dengan kecepatan dalam menganalisa serta mempercepat waktu pengurusan izin. Kemudian, menurutnya mentalitas ASN menjadi hal yang tak kalah penting sebagai pemangkas birokrasi.

"Saya pikir ini berlaku untuk keseluruhan ya, saya tidak menganaktirikan dan menganakemaskan pokonya mah seluruhnya (SKPD). Agar mereka juga terpacu supaya bisa mengajak yang lain," kata Ade Yasin.

Baca juga: Mendagri cabut 51 aturan untuk pangkas birokrasi

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019