Komunitas Kalsel Peduli berikan bantuan ke masyarakat Pulau Sebuku

Komunitas Kalsel Peduli berikan bantuan ke masyarakat Pulau Sebuku

Ketua Komunitas Kalsel Peduli menyerahkam bantuan untuk para korban kebakaran di Pulau Sebuku, Kotabaru, melalui Kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalsel. (ANTARA/Gunawan Wibisono)

Bantuan yang disalurkan dari berbagai komunitas yang ada di Kalsel melalui ACT berdasarkan data yang ada sudah mencapai Rp100 juta lebih
Banjarmasin (ANTARA) - Komunitas Kalsel Peduli Banjarmasin memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Sungai Bali, Pulau Sebuku, Kotabaru yang terkena musibah kebakaran hingga menghanguskan ratusan rumah mereka.

"Bantuan yang kami berikan kepada para korban kebakaran di Kotabaru, tepatnya di Pulau Sebuku itu, bekerja sama dengan Kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalsel," kata Ketua Komunitas Kalsel Peduli Banjarmasin Suharyanto di Banjarmasin, Jumat.

Dia mengatakan bantuan yang diberikan kali ini, di antaranya bahan kebutuhan pangan, pembangunan tempat hunian, dan penyediaan air bersih untuk para korban sebagai sarana pemulihan mereka dari musibah.

Pemberian bantuan dari Komunitas Kalsel Peduli itu langsung diserahkan melalui Kantor ACT Kalsel dan nantinya akan diteruskan kepada para korban.

"Ini bentuk kepedulian kita bersama terhadap nasib para warga yang tertimpa musibah tersebut dan kerja sama dengan ACT ini bentuk kolaborasi kemanusiaan," tutur pria berkacamata itu.

Baca juga: Tim Kemensos akan tinjau korban kebakaran 200 rumah di Kotabaru

Ia mengharapkan bantuan itu meringankan beban para korban kebakaran sehingga mereka segera bangkit dan kehidupannya pulih seperti sedia kala.

Suharyanto terus mengatakan, pihaknya melakukan penggalangan dana melibatkan para siswa SMKN 4 Satui Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel

"Alhamdulillah, donasi yang terkumpul selama kami melakukan penggalangan dana sebesar Rp10 juta" tutur Ketua Komunitas Kalsel Peduli yang akrab dengan awak media itu.

Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin memberikan apresiasi kepada Komunitas Kalsel Peduli atas bantuan  itu.

"Bantuan yang disalurkan dari berbagai komunitas yang ada di Kalsel melalui ACT berdasarkan data yang ada sudah mencapai Rp100 juta lebih," tuturnya.

Dia mengatakan dalam kerja sama itu difokuskan pada kesehatan dan penanganan trauma bagi para warga yang terdampak bencana, khususnya kebakaran.

Data pada Rabu (27/11) yang diterima Polsek Pulau Sebuku, korban yang terdampak kebakaran, yaitu warga RT01, RT3, dan RT4 Desa Sungai Bali, sedangkan data bersumber dari Kecamatan Pulau Sebuku, rumah terbakar 158 unit dengan korban 166 keluarga atau 433 jiwa  kehilangan tempat tinggal, sedangkan pengungsi 129 orang.

Baca juga: Kapolda Kalsel instruksikan bantu korban kebakaran di Pulau Sebuku
Baca juga: Polres Kotabaru selidiki penyebab kebakaran satu desa di Pulau Sebuku

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Peduli penghijauan, Polda Kalsel tanam 31.296 pohon

Komentar