Gowa targetkan proyek Pedestrian Sungguminasa rampung akhir 2019

Gowa targetkan proyek Pedestrian Sungguminasa rampung akhir 2019

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. ANTARA/Darwin Fatir/am.

Pengerjaan fisik dari pedestrian ini harus diselesaikan sesuai target yaitu akhir 2019
Gowa (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gowa, menargetkan proyek pembangunan Pedestrian Kota Sungguminasa senilai sebesar Rp24 miliar dapat dirampungkan pada akhir 2019.

"Pengerjaan fisik dari pedestrian ini harus diselesaikan sesuai target yaitu akhir 2019, makanya pengerjaannya harus lebih digenjot lagi dan aktivitas yang mengganggu, kita hentikan sementara dulu seperti car free day," ujar Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menjawab pers, saat meninjau proyek itu di Gowa, Sabtu.

Ia mengatakan, berdasarkan laporan dari Dinas PUPR dan konsultan, pengerjaan pedestrian tersebut sudah dilakukan di beberapa titik, khususnya di sepanjang Jalan Sultan Hasanuddin, Jalan Tumanurung hingga Jalan Masjid Raya hampir pada tahap rampung.

Selain itu di dua titik ini, beberapa lokasi juga telah dilakukan proses pengecatan seperti di perbatasan Makassar-Gowa, termasuk di depan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Lapangan Syekh Yusuf.

Baca juga: Kabupaten Gowa siap jadi daerah bebas BABS 2020

"Termasuk juga proses penanaman pohon yang saat ini sudah mencapai 70 persen. Kita harapkan ini bisa selesai akhir Desember 2019," katanya.

Dalam peninjauannya ia juga merencanakan pembangunan lahan parkir di sekitar Graha Satelit sepanjang 280 meter. Penyediaan lahan parkir ini agar tidak ada lagi kendaraan utamanya mobil yang memarkirkan mobilnya di bahu jalan pedestrian.

"Kita akan buat aturannya, saya akan berkoordinasi dengan pihak Polres Gowa terlebih dahulu. Ini demi menjaga agar tidak macet dan agar kondisi pedestriannya tetap terjaga.

Baca juga: Wisata alternatif di Gowa, kunjungi kebun flora dan fauna

Pengecatan
Sementara Konsultan Pengawasan Pedestrian Kota Sungguminasa Rahmat mengatakan, untuk proses pengecatan pedestrian baru mulai dilakukan.

"Proses pengecatan ini memakan waktu lama karena memang sebelum di cat dibuat pola terlebih dahulu. Belum lagi ada lintasan untuk penyandang disabilitas yaitu 'dot' dan 'grid' yang juga akan diberikan warna tersendiri," katanya.

Sementara  Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa Mundoap, mengungkapkan, pengerjaan Pedestarian Kota Sungguminasa menggunakan anggaran 2019 sebesar Rp24 miliar dengan pengerjaan ruas mulai Jalan Hasanuddin, Jalan Tumanurung hingga Jalan Masjid Raya, termasuk pengadaan pohon dan beberapa tanaman yang akan menghiasi jalan nantinya.

Baca juga: Kabupaten Gowa dapat tambahan kuota haji

Menurut Mundoap, pengerjaan pedestrian ini akan kembali menggunakan APBD 2020 sekitar untuk Rp12 miliar karena memang anggaran pedestrian ini cukup besar.

"Kami sangat berharap jika pedestrian ini selesai dan bisa digunakan semoga masyarakat dapat menjaganya dengan baik agar bisa digunakan dalam waktu yang cukup panjang," harap Mundoap.

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar