Bupati peringatkan KKSB tidak ganggu keamanan warga Mimika

Bupati peringatkan KKSB tidak ganggu keamanan warga Mimika

Bupati Mimika Eltinus Omaleng (ANTARA/Evarianus Supar)

Timika (ANTARA) - Bupati Mimika, Papua Eltinus Omaleng mengingatkan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata/KKSB dan para simpatisannya agar tidak mengganggu keamanan warga setempat.

"Kepada pihak lain yang berseberangan tidak boleh mengganggu di daerah kami," kata Eltinus di Timika, Sabtu.

Eltinus berharap situasi kamtibmas
Panglima Divisi 3 Kostrad Mayjen TNI Achmad Marzuki memberikan pengarahan kepada prajurit Batalyon Infanteri Para Raider 330/Tri Dharma usai sukses melakukan penerjunan di Bandara Mozes Kilangin Timika, Jumat (29/11/2019). (ANTARA/Evarianus Supar)
di Mimika selama bulan Desember tetap aman dan damai agar warga bisa merayakan Natal hingga Tahun Baru dalam suasana damai pula.

Pada Jumat (29/11), Bupati Mimika bersama Bupati Puncak Willem Wandik ikut mendampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyaksikan secara langsung atraksi penerjunan payung 156 prajurit TNI dari dari kesatuan Batalyon Infanteri Para Raider 330/Tri Dharma di Bandara Mozes Kilangin Timika.

Selain itu juga hadir Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Eltinus menyambut positif kegiatan Latihan Kesiapsiagaan Operasional/LKO yang digelar Divisi I Komando Pasukan Cadangan Strategis (Kostrad) TNI itu dalam rangka memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat Papua, terutama menghadapi 1 Desember yang diperingati sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka/OPM.

"Sangat bagus sekali supaya daerah kami benar-benar aman. Ini juga bagus untuk memberikan efek kepada orang-orang yang mau berniat membuat kejahatan agar dapat mengurungkan niatnya. Sebagaimana arahan Panglima TNI, latihan seperti ini digelar rutin setiap tahun, tidak saja di Timika tapi di seluruh wilayah Indonesia. Jadi, jangan curiga apa-apa," pinta Eltinus.

Baca juga: Panglima TNI: Latihan penerjunan tak terkait momentum 1 Desember

Baca juga: Panglima TNI-Kapolri tinjau penerjunan prajurit di Bandara Timika

Baca juga: Kapolres Jayapura imbau warga ikut jaga kamtibmas


Menghadapi ancaman gangguan kamtibmas oleh KKSB, personel pengamanan TNI dan Polri dilipatgandakan di wilayah Timika, terutama di Distrik Tembagapura yang merupakan area pertambangan PT Freeport Indonesia.

 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Keamanan PON dan Peparnas Papua diprediksi aman terjaga

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar