"Hal ini, untuk mengingatkan kembali soal empat pilar dalam jiwa warga masyarakat yang sebetulnya sudah ada atau dijiwai warga di sini," kata Eva Yuliana, di sela Sosialisasi Empat Pilar (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) oleh angg
Sukoharjo (ANTARA) - Anggota MPR RI Eva Yuliana mengingatkan kembali warga masyarakat di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kebupaten Sukoharjo, Jawa Tengah bahwa dengan kegiatan silaturahmi akan tumbuh manisnya persatuan dan kesatuan bangsa.

"Hal ini, untuk mengingatkan kembali soal empat pilar dalam jiwa warga masyarakat yang sebetulnya sudah ada atau dijiwai warga di sini," kata Eva Yuliana, di sela Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) oleh anggota MPR RI, di Desa Trangsan, Gatak, Sukoharjo, Sabtu.

Kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan yang digelar di desa wisata kerajinan rotan Trangsan tersebut diawali dengan jalan sehat sebagai ajang silaturahmi agar ada kebersamaan di dalam lingkungan desa setempat.

Eva mengatakan kegiatan sosialisasi dengan cara berdiskusi dengan masyarakat untuk mengingatkan kembali jiwa empat pilar yang ada dalam hati setiap warga masyarakat desa kawasan indsutri rotan itu.
Baca juga: Anggota MPR ajak siswa biasakan praktikkan empat pilar

Sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut, kata dia, menekankan persatuan dan kesatuan yang akan berujung kepada rasa syukur.

"Saya ingin mengajak warga masyarakat di Trangsan Sukoharjo untuk menguatkan persatuan kesatuan dan rasa syukur kita kepada bangsa Indonesia, bumi Sukoharjo, dan desanya," kata Eva yang juga anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem itu pula.

Menurut dia, jika dalam diri warga masyarakat sudah muncul rasa syukur, maka daerah ini akan lebih maju. "Kita bisa maju kalau bersatu dan bisa maju kalau bersyukur terhadap negeri dan bangsa ini," ujarnya pula.

Dia mengatakan kegiatan silaturahmi dengan masyarakat sangat penting, karena akan mengingatkan kembali rasa kebanggaan kepada bangsa Indonesia, syukur kepada tanah kelahiran, kepada tempat dimana berpijak, kepada bangsa ini.

"Mari kita kuatkan kembali rasa bangga kepada negara, rasa syukur kepada negeri dan rasa syukur kepada bumi dimana berpijak," katanya lagi.
Baca juga: Legislator sosialisasikan empat pilar kebangsaan di Sultra

Dia mengatakan pula, dengan adanya perkembangan media sosial yang tidak bisa dihindarkan, maka warga masyarakat yang mempunyai landasan kuat empat pilar semua dapat dihadapi dengan bijaksana.

"Semakin banyak kegiatan silaturahmi dengan masyarakat, mengingatkan kembali soal empat pilar, maka dapat mengokohkan negara kita," kata dia.

Kepala Desa Trangsan Mujiman mengatakan kegiatan sosialisasi empat pilar yang digelar oleh anggota MPR RI tersebut mendapat sambutan antusias dari warga Desa Trangsan yang dikenal daerah kawasan industri rotan di Sukoharjo.
Baca juga: MPR ajak para dosen ikut sosialiasikan Empat Pilar Kebangsaan

Menurut Mujiman kegiatan sosialisasi empat pilar tersebut sangat penting, untuk menanamkan jiwa Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika kepada masyarakat, sehingga dengan landasan ini, bela negara akan lebih kuat demi terwujud negara kesatuan persatuan yang kuat adil makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019