Sampang (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Sabtu meresmikan pengoperasian Pelabuhan Trunojoyo di Sampang, Jawa Timur untuk tujuan Sampang-Probolinggo dan dua pulau lainnya, yakni Pulau Mandangin dan Gili Ketapang.

Peresmian pengoperasian pelabuhan yang terletak di Desa Taddan, Kecamatan Camplong, Sampang ini ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Menhub Budi Karya Sumadi didampingi Bupati Sampang Slamet Junaidi dan Wakil Bupati Sampang Abdullah Hidayat.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, pengoperasian Pelabuhan Trunojoyo, Taddan Sampang dengan ini saya nyatakan resmikan dan dibuka," ucap Budi Karya sebelum menekan tombol sirene di Pelabuhan Trunojoyo Taddan.

Baca juga: Menhub akan dampingi Presiden tinjau Pelabuhan Patimban
Baca juga: DPR RI apresiasi langkah Menhub buka kran persaingan penjualan avtur


Setelah peresmian, Menhub langsung meninjau kapal penumpang di Pelabuhan Trunojoyo Taddan, didampingi Bupati Sampang Slamet Junaidi, Wakil Bupati Abdullah Hidayat, Kepala Dishub Jawa Timur Fattah Jasin, dan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Branta Edi Kuswanto.

Budi mengatakan, diresmikannya Pelabuhan Trunojoyo yang terletak di Desa Taddan, Kecamatan Camplong, Sampang itu diharapkan mampu memajukan pergerakan ekonomi masyarakat serta mendukung kelancaran arus barang dan jasa di bidang transportasi laut.

Ia menjelaskan, bahwa hal ini juga menjadi salah satu program prioritas Presiden Jokowi dalam nawa citanya yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi dan domestik.

Pelabuhan ini, kata dia, akan sangat berarti apabila sesuai dengan kebutuhan-kebutuhannya, program konektivitas ke seluruh wilayah seperti yang diinginkan Presiden, sebab nantinya akan berdampak secara sistemik pada pengembangan ekonomi.

"Di sini nanti akan kita upayakan juga pembangunan plengsengnya di pelabuhan tahun 2020 dan penambahan armada kapal," kata Menhub.

Baca juga: Menhub Budi Karya sampaikan pengesahan Konvensi Internasional IMO
Baca juga: Menhub galang dukungan pemilihan IMO di Inggris


Menteri Perhubungan juga meminta Bupati Sampang Slamet Junaidi agar memikirkan potensi yang bisa dikembangkan dengan mengedepankan kearifan lokal atau industri tertentu. Sehingga pelabuhan kapal penumpang tersebut tidak hanya pergerakan manusia, melainkan ada pergerakan arus barang.

Pelabuhan Trunojoyo yang terletak di Desa Taddan ini dibangun sejak tahun 2009. Harga tiketnya Rp5.500 ribu. Sedangkan tujuan Sampang ke Gili Mandangin Rp3.500, untuk ke Gili Ketapang Rp 5.500.

Sementara Bupati Sampang Slamet Junaidi berharap beroperasinya Pelabuhan Trunojoyo Taddan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menuju ke daerah lainnya karena bisa mengurangi jarak tempuh perjalanan.

"Dengan ini, kami ingin menyampaikan permohonan kepada pemerintah pusat antara lain trayek kapal penumpang dari Sampang ke kota-kota pulau jawa agar ditambah dari awalnya 1 kali dalam seminggu menjadi 2 kali, kedua mohon dibangun dermaga plengsengan di pelabuhan agar aktivitas bongkar muat lebih maksimal," kata Bupati Sampang.

Baca juga: Menhub sampaikan komitmen Indonesia maritim dunia di Sidang IMO
Baca juga: Pulang dari Korea, Menteri BUMN disebut akan bahas avtur Pertamina

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019