Banda Aceh (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengajakkan generasi milenial di provinsi itu meningkatkan semangat kebangsaan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Semangat juang menjaga NKRI harus terus digelorakan, termasuk kepada generasi milenial yang merupakan generasi penerus bangsa. Karena itu, kami mengajak generasi sekarang meningkatkan semangat kebangsaan," kata Nova Iriansyah di Banda Aceh, Sabtu.

Baca juga: BNPT: Krisis semangat kebangsaan pintu masuk radikalisme

Baca juga: Ketua DPRD Surabaya: Kita warisi semangat kebangsaan dalam kebhinekaan

Baca juga: Pertemuan Jokowi-Prabowo cerminkan semangat empat pilar kebangsaan


Pernyataan tersebut disampaikan Plt Gubernur Aceh dalam sambutan dibacakan Kepala Badan Kesbangpol Aceh Mahdi Effendi pada seminar jiwa semangat nilai-nilai juang 1945.

Seminar digelar bekerja sama dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) diikuti puluhan pemuda dan mahasiswa, menghadirkan narasumber dari Kementerian Pertahanan dan akademisi Universitas Syah Kuala.

Plt Gubernur Aceh mengatakan semangat menjaga keutuhan NKRI harus ditanamkan kepada generasi milenial. Sebab, mereka merupakan generasi penerus bangsa.

Apalagi sekarang ini muncul berbagai ancaman yang bisa menipiskan ideologi. Tidak radikalisme, tetapi juga ancaman narkoba terhadap generasi muda yang bisa mengancam keberlangsungan bangsa.

Pemerintah Aceh, kata Nova Iriansyah, terus melakukan berbagai upaya guna mengantisipasi menipisnya semangat ideologi kebangsaan di kalangan generasi milenial.

"Upaya dilakukan merangkul lembaga seperti LVRI untuk memotivasi dan menyosialisasikan semangat kebangsaan dalam meningkatkan nilai juang menjaga NKRI kepada generasi muda," kata Nova Iriansyah.

Ketua LVRI Aceh HM Djafar Karim mengatakan pihaknya berkewajiban meningkatkan semangat kebangsaan kepada generasi muda yang sekarang ini dikenal sebagai generasi milenial dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Semangat kebangsaan harus terus tertanam dalam jiwa anak-anak muda sekarang ini. Semangat ini penting untuk memastikan keberlanjutan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata HM Djafar Karim.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019