SEA Games 2019

Pedukung Indonesia di SEA Games 2019 mayoritas pekerja di Filipina

Pedukung Indonesia di SEA Games 2019 mayoritas pekerja di Filipina

Pendukung Indonesia berfoto jelang pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Bulacan, Filipina, Sabtu (30/11/2019). Pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut akan berlangsung hingga 11 Desember 2019. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

Manila (ANTARA) - Para pendukung Indonesia yang menyaksikan defile atau pawai kontingen Indonesia pada acara pembukaan SEA Games 2019 mayoritas adalah pekerja Tanah Air yang berada di Filipina.

Pembukaan SEA Games yang dipusatkan di Philippine Arena, Bulacan, Sabtu memang menyedot masyarakat dari berbagai negara yang bekerja di negara tersebut untuk menyaksikannya.

"Kami sengaja datang ke Philippine Arena untuk menyaksikan defile Indonesia di pembukaan SEA Games 2019, dan mereka cukup antraktif," kata Toha, salah satu pekerja yang sudah lama berada di Manila, Filipina.

Sementara dari Thailand pun demikian, meski ada beberapa dari mereka datang langsung dari Thailand, namun antusiasme menyaksikan defile atlet cukup terlihat ketika mereka menggunakan atribut hiasan bendera yang ditempel di wajah.

Baca juga: Kontingen Indonesia disambut meriah dalam pembukaan SEA Games 2019

Sementara itu, gaung pembukaan SEA Games 2019 di luar gedung Philippine Arena tidak terasa meriah, bahkan layar besar yang disiapkan untuk nonton bersama di luar gedung tampak tidak menayangkan langsung acara yang ada di dalamnya.

Layar tersebut, hanya menampilkan beberapa iklan atau sponshorsip yang mendukung SEA Games 2019 serta penjelasan mengenai event tersebut.

Ketidakmeriahan suasana di luar Philippine Arena juga terlihat dengan kosongnya lahan yang disiapkan panitia untuk menampung masyarakat yang menyaksikan pembukaan dari luar gedung.

Meski demikian, aparat keamanan setempat tetap menjaga ketat event olahraga terbesar di Asia Tenggara dua tahunan itu, dengan berkeliling sekitar gedung dan menanyai beberapa orang yang mencurigakan di luar gedung.
 

Baca juga: Polo air putra persembahkan emas pertama bagi Indonesia

 

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kilas Balik 2019 - Desember: Dari prestasi Indonesia di SEA Games 2019 hingga peresmian tol pertama Kalimantan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar