Manila, Filipina (ANTARA) - Cabang balap sepeda akan mengawali SEA Games 2019 dengan mempertandingkan nomor cross country (XCO) di Tatlong Bungo, Batangas, Filipina, Minggu (1/12) dan Indonesia bakal menurunkan pebalap terbaiknya yaitu Zaenal Fanani.

Manajer tim balap sepeda Indonesia Budi Saputra saat dikonfirmasi di Manila, Filipina, Sabtu mengatakan trek yang bakal digunakan adalah standart Olimpiade 2020 dan pihaknya meminta pebalap yang diturunkan lebih cermat dalam mengambil kesempatan dalam perlombaan.

"Track XCO SEA Games Manila dibuat mirip track XCO untuk Olympic Tokyo 2020 dengan panjang 4,2 km lengkap dengan drop off 1,5 meter kemudian ada Super Bowl, tanjakan yang terjal dan sangat teknikal. Pembalap Indonesia Alhamdulillah cepat beradaptasi," katanya.

Baca juga: Tim balap sepeda waspadai perubahan cuaca di Filipina

Baca juga: Demi prestasi, ISSI kirim tim besar ke SEA Games 2019


Menurut dia, dengan kondisi trek yang ada pihaknya optimistis pebalap yang diturunkan yaitu Zaenal Fanani dan Rafika Farisi mampu meraih hasil terbaik meski persaingan bakal berlangsung dengan ketat. Apalagi tuan rumah menurunkan pebalap terbaiknya.

Fanani pada SEA Games 2019 menjadi unggulan pertama disusul dua pebalap tuan rumah yaitu Nino Surban dan Edmhel John Flores. Sedangkan Farisi di posisi empat disusul dua pebalap Thailand, Keerati Sukprasat dan Adisak Tailangkha.

"Sejauh ini anak-anak on the track. Yang perlu saya ingatkan lagi mereka harus lebih bersabar lebih cermat untuk mengambil kesempatan dalam perlombaan besok," kata pria asal Purwokerto itu.

Pebalap Indonesia yang bakal turun bersama pelatih dan pelatih kepala timnas Indonesia sudah melakukan walking track dan latihan resmi untuk melihat secara langsung kondisi trek sejauh 4,2 km itu yang bakal digunakan untuk balapan dua tahunan terbesar di Asia Tenggara itu.

Selain trek yang menantang, pada SEA Games 2019 ini semua pebalap juga dihadapkan dengan iklim yang tidak menentu termasuk hujan dan angin kencang. Untuk itu baik Fanani maupun Farisi diharapkan mampu mengantisipasinya dengan baik.

"Kami harapkan XCO bisa merebut satu emas dari tiga target yang kami tetapkan," kata pelatih kepala timnas balap sepeda Dadang Harris Poernomo.

Pada SEA Games 2019, Indonesia mengirimkan 19 pebalap yang turun di 11 nomor yang dipertandingkan. Selain dari XCO, emas diharapkan bisa disumbangkan lewat down hill (DH) putra atau putri dan BMX putra.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019