Liga Jerman

Leipzig raih kemenangan keempat beruntun untuk puncaki klasemen

Leipzig raih kemenangan keempat beruntun untuk puncaki klasemen

Penyerang RB Leipzig Patrik Schick merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Paderborn dalam pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Benteler-Arena, Paderborn, Sabtu (30/11/2019). (ANTARA/AFP/INA FASSBENDER)

Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig meraih kemenangan keempatnya secara beruntun untuk sekaligus memuncaki klasemen Liga Jerman, setelah mereka menang 3-2 di markas Paderborn, Benteler-Arena, Paderborn, Sabtu.

Die Roten Bullen kini bertengger di puncak klasemen dengan koleksi 27 poin, setidaknya sebelum Borussia Moenchengladbach dan Bayern Munich memainkan pertandingannya masing-masing. Sedangkan Paderborn makin terpuruk di posisi juru kunci dengan lima poin, demikian menurut laman resmi Liga Jerman.

Patrick Schick membawa Leipzig memimpin saat laga baru berusia tiga menit. Ia mampu meliuk melewati dua pemain bertahan tuan rumah dan melakukan penyelesaian ke sudut jauh gawang Paderborn. Itu merupakan gol perdananya di Liga Jerman.

Semenit berselang Marcel Sabitzer turut menuliskan nama di papan skor melalui sepakan jarak jauh, ketika kiper Leopold Zingerle tidak berada di posisi terbaiknya dan tidak mampu menjangkau bola yang melintasinya.

Timo Werner kemudian melengkapi penderitaan Paderborn melalui golnya pada menit ke-26. Werner menyelesaikan serangan balik cepat timnya dengan menyambar bola sodoran Christopher Nkunku.

Baca juga: Atasi Union Berlin, Schalke sodok ke posisi kedua

Paderborn bermain lebih lepas pada babak kedua. Mereka mengemas gol balasan melalui Streli Mbamba yang berlari menyambut bola operan dan menaklukkan kiper Yvon Mvogo. Tetapi gol itu tidak disahkan karena Mbamba terlebih dahulu terperangkap offside.

Pada menit ke-62 Mbamba mampu mengatur waktu berlarinya dengan lebih baik, dan dengan tenang ia mempecundangi kiper Mvogo untuk mengarahkan bola ke tiang dekat.

Kepercayaan diri kembali menghinggapi kubu Paderborn. Christopher Antwi-Adjei kemudian mampu memberikan assist kepada Klaus Gjasula untuk mengemas gol perdananya di Liga Jerman dari dekat titik penalti pada menit ke-73.

Tuan rumah menggempur habis-habisan di sisa waktu yang ada, namun mereka gagal mencetak gol penyama kedudukan untuk membuat tim tamu mampu membawa pulang poin penuh.

Dortmund akhirnya raih kemenangan

Kemenangan di kandang lawan juga menjadi milik Borussia Dortmund, yang pada dua laga sebelumnya gagal meraih tiga poin. Bertandang ke markas Hertha Berlin, pasukan Lucien Favre mampu mengamankan kemenangan 2-1.

Jadon Sancho membuka keunggulan Dortmund pada menit ke-15 saat ia menerima umpan akurat Julian Brandt. Pemain Inggris itu dengan tenang mengarahkan bola ke sudut bawah gawang Hertha tanpa dapat dihentikan kiper Thomas Kraft.

Thorgan Hazard menggandakan keunggulan Dortmund dua menit kemudian. Menerima umpan silang akurat dari Achraf Hakimi, Hazard tanpa kesulitan menyelesaikan peluang matang yang didapatnya.

Tertinggal dua gol tidak membuat permainan Hertha merosot. Hertha bahkan memperlihatkan tanda-tanda perlawanan saat Dodi Lukebakio melepaskan tembakan yang masih dapat ditahan kiper Dortmund Roman Buerki.

Pada menit ke-34, Lukebakio menjadi pengumpan kepada Vladimir Darida untuk mengemas gol yang memperkecil ketertinggalan tim ibukota.

Baca juga: Manajer Schalke: Posisi kedua saat ini tak penting

Menjelang turun minum, Dortmund harus kehilangan Mats Hummels yang diusir keluar lapangan. Hummels yang sebelumnya telah mendapatkan kartu kuning, menerima kartu kuning kedua dari wasit akibat pelanggarannya terhadap Davie Selke.

Selke berhasil membobol gawang Dortmund pada awal babak kedua. Tetapi golnya tidak disahkan karena setelah berkonsultasi dengan VAR, didapati bahwa ia telah berada dalam posisi offside.

Dortmund lebih banyak bertahan pada babak kedua ketika Hertha mencoba memaksimalkan keunggulan jumlah pemainnya. Tetapi semua gempuran yang dilakukan tuan rumah gagal menghasilkan gol penyama kedudukan.

Kekalahan itu sekaligus menjadi kado selamat datang yang pahit bagi pelatih anyar Hertha Juergen Klinsmann, yang baru ditunjuk untuk mengisi kursi panas pada Rabu (27/11/2019) silam.

Dua pertandingan Liga Jerman lainnya berakhir dengan skor imbang 1-1, yakni Koln menjamu Augsburg dan Hoffenheim melawan Fortuna Duesseldorf.

Pada pertandingan yang diwarnai kartu merah untuk kedua tim, Augsburg memimpin terlebih dahulu melalui gol Florian Niederlechner pada menit ke-43. Namun Jhon Cordoba mampu menghindarkan timnya dari kekalahan kelima secara beruntun berkat gol yang dicetaknya pada menit ke-86.

Sementara itu di PreZero Arena, tuan rumah Hoffenheim memimpin saat laga baru berumur enam menit melalui Andrej Kramaric. Sayangnya kemenangan yang sudah di depan mata harus sirna ketika Rouwen Hennings mengemas gol penyama kedudukan bagi Duesseldorf pada menit ke-87.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar