Liga Inggris

Southampton bangkit atasi Watford, Palace bungkam Burnley

Southampton bangkit atasi Watford, Palace bungkam Burnley

Gelandang serang Southampton James Ward-Prowse (kanan) melakukan selebrasi bersama Danny Ings (tengah) dan Jan Bednarek usai mencetak gol dari tendangan bebas ke gawang Watford dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Southampton, Inggris, Sabtu (30/11/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Andrew Boyers)

Jakarta (ANTARA) - Southampton bangkit mengalahkan tamunya Watford 2-1 dalam pertandingan Liga Inggris di Stadion St. Mary's Sabtu waktu setempat (Minggu WIB) ketika pada pertandingan lain yang berlangsung lebih awal Crystal Palace memetik kemenangan di kandang Burnley.

Meski menang, Southampton belum bisa meninggalkan zona degradasi dan hanya bisa naik ke urutan ke-18 dengan 12 poin sedangkan Watford (8) masih menjadi juru kunci, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Penampilan babak kedua menjadi kunci utama kemenangan tim Ralph Hassenhuetl atas Watford.

Baca juga: Southampton sumbang gaji untuk amal gara-gara 9-0

Mereka tertinggal lebih dulu pada menit ke-24 ketika Ismaila Sarr menerebos dari sisi kanan untuk melewati hadangan Jack Stephens dan menyelesaikannya dengan tembakan yang menaklukkan kiper Alex McCarthy.

Ketertinggalan itu bertahan hingga turun minum sehingga para pemain Southampton dicemooh pendukungnya sendiri ketika memasuki ruang ganti.

Babak kedua penampilan Southampton berubah lebih banyak menggempur pertahanan tamunya, namun harus menunggu hingga menit ke-78 untuk memetik hasilnya lewat gol Danny Ings.

Baca juga: Watford akhirnya petik tiga poin perdana

Moussa Djenepo menerima umpan silang kiriman Sofiane Boufal sebelum mengecoh Jose Holebas dan melepaskan umpan tarik ke muka gawang yang diselesaikan dengan sentuhan tak sempurna Ings, namun sudah cukup menyarangkan bola ke gawang Watford sehingga kedudukan menjadi imbang 1-1.

Tiga menit kemudian, Pierre-Emile Hojbjerg dijatuhkan oleh Etienne Capoue tak jauh dari kotak penalti Watford. Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh James Ward-Prowse yang melakoni tugas khususnya, melepaskan tendangan bebas melengkung untuk menghujamkan bola ke sudut kiri atas gawang.

Kiper Watford Ben Foster bisa menebak arah datangnya bola namun ia tak mampu menjangkaunya, berbanding lurus dengan kegagalan timnya mempertahankan keunggulan.

Baca juga: Arsenal buang keunggulan dua gol dan ditahan imbang Crystal Palace

Posisi Southampton belum aman di urutan ke-18 karena  pesaingnya Norwich City baru main pada Minggu malam WIB menjamu Arsenal.

Southampton dan Norwich akan bertemu dalam persaingan dua tim yang berusaha meninggalkan zona degradasi Kamis dini hari WIB pekan depan.

Palace melompat lima strip

Dalam laga lain yang berlangsung lebih awal di Stadion Turf Moor, tim tamu Crystal Palace menang 2-0 atas Burnley.

Baca juga: Leicester, Wolves, dan Burnley menang laga tandang saat Arsenal imbang

Wilfried Zaha memecahkan kebuntuan tepat pada akhir babak pertama lewat sepakan mendatar yang menaklukkan kiper Nick Pope.

Keunggulan Palace berganda pada menit ke-78 menyusul blunder lini belakang tuan rumah. Sapuan buruk Ben Mee membuat bola melambung di udara dan jatuh di dalam kotak penalti sendiri namun di hadapan Jeffrey Schlupp yang kemudian melepaskan tembakan keras tak terbendung Pope.

Kemenangan itu membuat Palace melompat lima tingkat dari urutan ke-15 menjadi posisi ke-10 dengan 18 poin, sedangkan Burnley (18) melorot ke tempat kedelapan.

Dalam laga tengah pekan Palace akan menjamu Bournemouth, sedangkan Burnely menghadapi Manchester City.

Baca juga: Kartu merah Alisson membuat kemenangan Liverpool lebih spesial
Baca juga: Manchester City gagal pangkas jarak usai ditahan imbang Newcastle 2-2

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar