Manila, Filipina (ANTARA) - Atlet wushu andalan Indonesia Edgar Xavier Marvelo menjadi satu dari sepuluh atlet Merah Putih yang akan berlaga pada hari pertama pertandingan wushu SEA Games 2019 di World Trade Centre Manila, Filipina, Minggu.

Juara dunia wushu ini akan turun pada nomor Taulo (seni) Changquan putra. Atlet Indonesia yang juga turun pada nomor taulo adalah Bobie Valentinus Gunawan (Taijiquan putra), Alexandra Calista Setiawan (Taijiquan putri) dan Seraf Naro Siregar.

"Hari pertama cabang olahraga wushu akan memperebutkan 3 emas dari Taijiquan putra, Taijiquan putri dan Changquan putra. Sedangkan Nandao Putra yang merupakan nomor gabungan finalnya dimainkan Senin (2/12)," kata pelatih kepala tim wushu Indonesia Novita dalam keterangan sebelumnya.

Meski peraih tiga medali emas Kejuaraan Dunia Wushu 2019, Edgar tampil dalam perebutan medali emas, manajer tim wushu Iwan Kwok hanya menyebut peluang emas tetap ada.

Baca juga: Presiden Duterte resmi buka SEA Games 2019

"Ya, dari tiga medali emas itu kita ada peluang merebut emas," kata dia.

Sementara itu, lima atlet Sanda (tarung) putra yang akan tampil Ade Permana (kelas 48kg), Laksamana Pandu Pratama (kelas 52kg), Yusuf Widiyanto (kelas 56kg putra), Bayu Raka Putra (kelas 60kg), dan Abdul Haris Sofyan (kelas 65kg).

Ade Permana akan menghadapi Khamphy (Thailand), Laksamana Pandu bertemu Kyaw Zin Win (Myanmar), Yusuf bertemu Khamla Soukhaphone (Laos), Bayu menjajal atlet wushu tuan rumah Gideon Freed Padua, dan Abdul Haris menantang Tuan Anh Le dari Vietnam.

"Kondisi anak-anak cukup prima untuk menghadapi pertarungan nanti. Persaingan di nomor Sanda juga cukup ketat,'' kata Iwan Kwok.

Baca juga: Dinda janjikan penampilan terbaik saat SEA Games

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019