Jakarta (ANTARA) - Liburan akhir pekan pada hari Minggu di Jakarta, akan diwarnai oleh guyuran hujan pada siang dan malam hari yang hampir merata di semua wilayah.

Data resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang didapatkan di Jakarta, Minggu dini hari, menyebutkan pada Minggu pagi, seluruh wilayah Jakarta akan mengalami cuaca cerah berawan yang berlanjut hingga siang hari.

Pada siang hari, sementara sebagian wilayah Jakarta akan cerah berawan, Jakarta Selatan dan Timur akan mulai diguyur hujan dengan intensitas lokal, sedangkan Kepulauan Seribu akan mengalami cuaca cerah pada siang hari.

Sementara cuaca cerah di Kepulauan Seribu akan berubah menjadi cerah berawan pada malam hari, lima wilayah Jakarta lainnya akan mengalami hujan dengan intensitas lokal. BMKG memberi peringatan pada masyarakat Jakarta atas kondisi tersebut.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di sebagian wilayah Jaksel dan Jaktim antara sore dan malam hari," tulis BMKG.

Suhu udara di Jakarta secara umum berada pada temperatur antara 24 hingga 33 derajat celsius. Adapun kelembapan udara di Jakarta, berada antara 65 persen hingga 95 persen.

Sementara itu, di daerah sekitar Jakarta, di wilayah Provinsi Banten, seperti Tangerang, Serang, Merak, Cilegon, Rangkasbitung, Carita dan Anyer, cuaca akan berada pada posisi cerah berawan dari pagi. Pada siang hingga malam hari hampir seluruh wilayah ini akan diguyur hujan intensitas lokal hingga ringan.

Di provinsi ini, BMKG mengeluarkan peringatan untuk mewaspadai potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai dengan petir atau kilat dan angin kencang di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian Utara dan Kabupaten Lebak bagian Tengah dan Selatan.

Sementara untuk wilayah Provinsi Jawa Barat seperti Bekasi, Bogor, Cikarang dan Depok, cuaca akan cerah berawan pada pagi hari. Sedangkan pada siang hingga malam hari sebagian besar wilayah-wilayah tersebut juga akan diguyur hujan dengan intensitas lokal hingga ringan.

Di provinsi ini, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan sedang disertai petir dan angin kencang di wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Cianjur, Sukabumi, Bandung, Garut dan Tasikmalaya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019