Subic, Filipina (ANTARA) - Atlet Triatlon Indonesia, Muhamad Ahlul Firman harus puas berada di peringkat ketiga setelah gagal mengungguli dua atlet Filipina pada nomor standar putra cabang Triathlon SEA Games 2019 di Subic Bay Boardwalk, Minggu.

Ahlul mencatat waktu total 1 jam 57 menit 10 detik. Catatan waktu atlet kelahiran 22 April 1997 ini lebih lambat dari catatan terbaiknya, yakni 1 jam 56,02 yang dicetak pada Asian Games 2018 lalu.

Sementara itu, atlet Filipina John "Rambo" Chicano yang finish di tempat pertama menyelesaikan lomba dengan waktu satu jam, 53 menit dan 26 detik yang juga menjadi rekor baru SEA Games. Rekan senegara Chicano, Kim Remolino, yang merupakan juara bertahan menyusul di tempat kedua dengan catatan waktu 1:55:03.

Chicano memenangi lomba berkat dominasinya di sesi balap sepeda, setelah sebelumnya sedikit tertinggal di sesi renang dari Ahlul yang bertarung ketat di sesi renang dengan Remolino.

Memasuki sesi balap sepeda, Chicano terlihat sangat unggul dan melesat meninggalkan dua pesaing terberatnya tersebut.

Keunggulan jauh di sesi balap sepeda nembuat Chicano sulit di kejar pada sesi lari dan ia pun melenggang ke garis finish sebagai yang pertama.

Triathlon adalah kompetisi yang terdiri dari tiga cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda, dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu.

Baca juga: Cabang Triathlon targetkan medali emas di SEA Games

Baca juga: Jauhari Johan siap kembali berprestasi di SEA Games

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019