Manila, Filipina (ANTARA) - Atlet catur Dede Liu menjadi atlet tertua kontingen Indonesia pada SEA Games 2019, sedangkan atlet termuda adalah Kyandra Kaelani Susanto yang akan turun di cabang olahraga skateboard.

Menurut data dari kontingen Indonesia yang dikutip ANTARA, Minggu, Dede yang akan turun di nomor ASEAN chess lahir pada 9 Maret 1970 atau kini berusia 49 tahun. Dede berselisih 39 tahun dari Kyandra yang lahir pada 5 Maret 2009 atau masih berusia 10 tahun. Kyandra di SEA Games 2019 akan turun di cabang olahraga skateboard nomor street putri

Indonesia menurunkan sebanyak 841 atlet dari jumlah total kontingen 1.311 orang yang akan berpartisipasi pada 51 cabang olahraga di SEA Games 2019.

Baca juga: Kontingen Indonesia disambut meriah dalam pembukaan SEA Games 2019

Diparsitas rentang usia atlet Indonesia yang cukup besar itu justru disambut gembira oleh Chief de Mission (Cdm) atau Kepala Kontingen Indonesia di SEA Games 2019, Harry Warganegara.

Menurut Harry, perbedaan usia itu menunjukkan adanya kesinambungan regeberasi atlet di Indonesia.

"Saya senang-senang saja dengan keberagaman usia atlet dalam skuat Garuda ini," kata Harry di Manila, Minggu.

Baca juga: Bulu Tangkis putra langsung ke semifinal, putri hadapi Vietnam

Menurut Harry, dalam olahraga faktor usia bukan jadi pertimbangan utama untuk terpilih membawa nama Indonesia, sejauh si atlet bersangkutan memiliki prestasi.

"Kalau tua masih bagus dan muda juga sudah berprestasi, kebapa tidak? Artinya tim Indonesia itu lintas generasi. Ada dari generasi milenial, ada juga remaja di era 1980-an," kata Harry.

Baca juga: Edgar sang andalan Indonesia kejar emas hari pertama

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019