Liga Belanda

Tiga gol Noa Lang bawa Ajax taklukan Twente 5-2

Tiga gol Noa Lang bawa Ajax taklukan Twente 5-2

Penyerang Ajax Noa Lang merayakan gol ketiganya ke gawang FC Twente dalam laga pekan ke-15 Liga Belanda yabg berlangsung di Stadion De Grolsch Veste, Minggu (1/12/2019) waktu setempat. (ANTARA/Twitter/AFCAjax)

Jakarta (ANTARA) - Tiga gol yang dibukukan Noa Lang membawa Ajax menaklukan FC Twente 5-2 dalam laga lanjutan pekan ke-15 Liga Belanda yang berlangsung di Stadion De Grolsch Veste, Minggu waktu setempat.

Kemenangan ini membuat Ajax kini terpaut sembilan angka (41) dengan AZ Alkmaar yang berada di posisi dua (32) dan baru bertanding melawan VVV Venlo di kandang pukul 20.30 WIB.

Ajax sempat tertinggal lebih dulu lewat gol indah dari luar kotak penalti yang dicetak penyerang asal Jepang, Keito Nakamura di menit ke-14.

Empat menit kemudian Aitor Cantalapiedra menggandakan keunggulan melalui skema yang hampir serupa dengan gol pertama. Berawal dari kesalahan umpan pemain Ajax, Lindon Selahi yang menguasai bola mengirimkan umpan terobosan kepada Cantalapiedra dan sepakan kaki kanannya menerobos pertahanan Ajax.

Ajax yang ingin menjaga jarak poin di klasemen, menggebrak lewat serangan yang komandoi Hakim Ziyech. Gol bagi Ajax baru tercipta pada menit ke-31. Hakim Ziyech yang lolos dari jebakan offside mengirimkan umpan menyusur tanah di sisi kiri kotak penalti dan langsung disambar Noa Lang untuk menipiskan ketertinggalan.

Pada babak kedua Ajax lebih mendominasi permainan. Menit ke-50 Noa Lang mampu membuat kedudukan kembali imbang 2-2. Dusan Tadic yang menerima sodoran di sisi kanan, kemudian melepaskan umpan silang mendatar yang tak mampu disapu bek Twente. Bola liar kemudian mengarah tepat ke arah Noa Lang yang tinggal menceploskan bola.

Klaas Jan Huntelaar yang masuk menggantikan Quincy Promes akibat cedera di babak pertama, tak ingin ketinggalan mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membalikkan keadaan menjadi 3-2. Proses terciptanya gol hampir mirip dengan situasi gol kedua Ajax, namun bedanya Huntelaar melepaskan sepakan di luar kotak penalti.

Sembilan menit berselang Noa Lang membuat trigol dalam pertandingan kali ini, sekaligus membawa Ajax menjauh dari Twente. Berawal dari serangan balik cepat, bek Twente salah mengirimkan bola yang jatuh ke arah Lang. Bola yang sempat dihalau kiper malah membentur badan Xandro Schenk dan posisi Lang tinggal menceploskannya.

Pada babak tambahan waktu, Huntelaar kembali mencatatkan namanya sekaligus mengakhiri pertandingan dengan skor 5-2 untuk kemenangan Ajax di markas FC Twente. Hasil ini sekaligus menjaga rekor kemenangan sembilan beruntun Ajax di liga domestik.

Selanjutnya Ajax akan menghadapi Willem II pada Sabtu (7/12) di kandang sendiri, sementara Twente akan melawat ke markas ADO Den Haag.

Berikut susunan pemain:
Twente: Joel Drommel; Calvin Verdonk, Xandro Schenk, Paul Verhaegh, Busquets; Godfried Roemeratoe (Queensy Menig), Lindon Selahi, Wout Brama; Haris Vuckic, Keito Nakamura (Rafik Zekhnini), Cantalapiedra (Emil Berggreen).

Ajax: Andre Onana; Nouassair Mazraoui, Joel Veltman, Tagliafico (Sergino Dest), Daley Blind; Lisandro Martinez, Hakim Ziyech, Donny van de Beek; Noa Lang (Marin), Quincy Promes (Klaas Jan Huntellaar), Dusan Tadic.

Baca juga: Ajax di ambang 16 besar usai taklukkan Lille
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar