Liga Prancis

Tundukkan Toulouse, Nantes pungkasi catatan nirkemenangan lima laga

Tundukkan Toulouse, Nantes pungkasi catatan nirkemenangan lima laga

Gelandang Nantes Abdoulaye Toure (kanan) melakukan selebrasi bersama Abdel Kader Bamba (kiri) dan Charles Traore usai mencetak gol ke gawang Toulouse dalam lanjutan Liga Prancis di Stadion La Beaujoire-Louis-Fonteneau, Nantes, Prancis, Minggu (1/12/2019). (ANTARA/AFP/Sebastien Salom-Gomis)

Jakarta (ANTARA) - Nantes memungkasi catatan nirkemenangan yang mereka alami dalam lima laga terakhir dengan menundukkan tamunya Toulouse 2-1 dalam pertandingan pekan ke-15 Liga Prancis di Stadion La Beaujoire-Louis-Fonteneau, Minggu.

Kemenangan itu dibukukan Nantes berkat penalti Abdoulaye Toure dan gol Ludovic Blas. Balasan dari Toulouse datang sangat terlambat pada pengujung laga lewat Aaron Leya dari titik putih, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Baca juga: Bangkit dan jungkalkan Nantes 3-2, Saint-Etienne masuk tiga besar

Selain menyudahi catatan nirkemenangan lima laga, Nantes juga naik ke urutan keenam klasemen dengan raihan 23 poin, sedangkan Toulouse (12) terlempar menjadi juru kunci.

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, Nantes mendominasi 62 persen penguasaan bola sepanjang laga namun enam percobaan tembakan yang mereka lepaskan sejak sepak mula tak kunjung berbuah gol.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-43 lewat eksekusi penalti Toure menyusul pelanggaran bek Toulouse Issiaga Sylla yang menyentuh bola dengan tangannya di dalam area terlarang. Nantes menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 atas tamunya.

Memasuki babak kedua, Nantes tetap melancarkan gempuran ke lini pertahanan Toulouse sayang tembakan jarak jauh Andrei Girotto lima menit usai sepak lanjut masih bisa diamankan kiper Baptiste Reynet.

Tiga menit kemudian, keunggulan Nantes resmi berlipat ganda melalui sontekan jarak dekat Blas menyambut umpan Simon Simon.

Baca juga: Toulouse, Saint-Etienne gagal lanjutkan tren positif

Toulouse berusaha membalas namun tembakan jarak jauh Max-Alain Gradel masih membentur mistar gawang, sedangkan tendangan Sylla yang menyusul masih bisa diamankan kiper Alban Lafont.

Setelah meredam badai serangan singkat dari tamunya, Nantes kembali mengambil kendali permainan dan semenit jelang waktu normal berakhir Kalifa Coulibaly sempat menyarangkan bola lagi ke gawang Toulouse, namun wasit Florent Batta dibantu VAR menganulir gol tersebut.

Pada menit keempat injury time, Toulouse memperoleh hadiah tendangan penalti menyusul dijatuhkannya Mehdi Abeid oleh Ibrahim Sangare. Leya yang jadi algojo menuntaskan tugasnya dengan baik untuk mencetak gol dari titik putih, namun itu berakhir hanya menjadi pelipur lara bagi Toulouse untuk kekalahan 1-2 dari Nantes.

Kedua tim sama-sama akan menghadapi lawan kuat dalam jadwal laga lanjutan ke-16 yang digelar pada tengah pekan. Nantes bertandang ke markas pemuncak klasemen Paris Saint-Germain dan Toulouse akan menjamu AS Monaco pada Rabu (4/12) waktu setempat atau Kamis (5/12) dini hari WIB.

Baca juga: Prakiraan cuaca paksa laga Monaco vs PSG ditunda

Baca juga: Reine-Adelaide naikkan Lyon ke posisi empat usai tekuk Strasbourg

Baca juga: Marseille pangkas jarak dari puncak usai tundukkan Brest


Susunan pemain:

Nantes (4-2-3-1): Alban Lafont; Dennis Appiah, Andrei Girotto, Nicolas Pallois, Charles Traore; Imran Louza, Abdoulaye Toure (Rene Krhin); Abdoul Kader Bamba (Mehdi Abeid), Ludovic Blas (Samuel Moutoussamy), Simon Simon; Kalifa Coulibaly
Pelatih: Christian Gourcuff

Toulouse (4-1-4-1): Baptiste Reynet; Kelvin Amian, Nicolas Isimat-Mirin, Agustin Rogel, Issiaga Sylla; Ibrahim Sangare; Wesley Said (Mathieu Dossevi), Kouadio Kone, Quentin Boisgard, Max-Alain Gradel (Jean-Victor Makengo); Efthymios Koulouris (Aaron Leya)
Pelatih: Antoine Kombouare

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar