Guskamla Koarmada I inisiasi "safety sailing"

Guskamla Koarmada I inisiasi "safety sailing"

Guskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan. ANTARA/Yuniati Jannatun Naim/aa.

Batam (ANTARA) - Guskamla Koarmada I menginisiasi program Keamanan Berlayar (Safety Sailing) demi mewujudkan keamanan pengguna transportasi laut.

"Kami menginisasi sebagai tahap awal komunitas sehingga di antara pelaku usaha di laut terjadi komunikasi positif, simbiosis mutualisme," kata Komandan Guskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan di Kota Batam Kepulauan Riau, Senin.

Program itu layaknya safety riding di jalan raya oleh Polri. Safety sailing mengajak pengguna pelayaran agar mematuhi aturan keselamatan.

Yayan Sofiyan menyatakan bahwa program itu adalah tindak lanjut arahan Presdien RI Joko Wisodo dan KSAL agar aparat di daerah melakukan sinergi demi mendukung program pembangunan pemerintah.

Baca juga: Kemenhub targetkan transportasi laut lebih andal

Baca juga: DPR katakan pemerintah harus menyediakan transportasi laut terjangkau


Aparat di daerah diminta membuat inovasi agar bisa berkontribusi pada lingkungan.

Selain menginisiasi program Safety Sailing, Guskamla Koramada I juga mengusulkan pembentukan Forum Komunikasi Komunitas Pengguna Laut dan Jasa Maritim.

Dengan komunikasi antarpihak, dia berharap tercipta keamanan laut yang kondusif yang mampu menstimulasi iklim usaha sehingga ekonomi maritim terus berkembang.

"Sinergitas menciptakan keselamatan berlayar sehingga semuanya merasa nyaman dan iklim maritim berkembang," kata Yayan Sofiyan.

Dalam kesempatan itu, Danguskamla I bersama sejumlah pejabat lainnya memberikan kartu keanggotaan Forum Komunikasi Komunitas Pengguna Laut dan Jasa Maritim secara simbolik.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Koarmada I tangkap kapal Hong Kong bermuatan besi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar