'feeling' saya berdasarkan laporan dari tim, InsyaAllah akan tercapai
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia optimistis target investasi 2019 yang dibidik sebesar Rp790 triliun dapat tercapai, kendati angka investasi secara resmi akan disampaikan pada Desember.

“Tercapai. InsyaAllah sampai dengan sekarang, tapi angkanya berapa nanti di akhir bulan Desember akan kami umumkan secara resmi. Tapi feeling saya berdasarkan laporan dari tim, InsyaAllah akan tercapai,” kata Bahlil saat menghadiri Pameran Nuansa Tanpa Batas di Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta, Senin.

Bahlil menyebutkan beberapa investasi baru maupun penambahan investasi yang sudah ada akan masuk dalam waktu dekat, di antaranya investasi dari negeri Korea Selatan yakni dari Hyundai, Lotte, dan Posco. Namun, investasi tersebut akan direalisasikan pada awal 2020.

“Yang baru itu Hyundai, tetapi akan ada realisasi investasi Lotte Petrokimia di Cilegon. Itu investasinya sampai 3,5 miliar dolar AS, tapi kemudian kemarin naik menjadi 4,2 miliar dolar AS, realisasi investasinya akan dilakukan di bulan Januari, Februari 2020,” ungkap Bahlil.

Pada kuartal III 2019 Bahlil menyampaikan pertumbuhan investasi yang positif, di mana nilainya mencapai Rp205,7 triliun atau naik 18,4 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp173,8 triliun.

Adapun angka tersebut adalah realisasi Penanaman modal dalam negeri (PMDN) naik 18,9 persen menjadi Rp100,7 triliun, sedangkan Penanaman Modal Asing (PMA) naik 17,8 persen menjadi Rp105 triliun.

Secara kumulatif realisasi investasi Januari hingga September 2019 mencapai Rp601,3 triliun. Angka itu meningkat 12,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp535,4 triliun.

Baca juga: Pemerintah akan sederhanakan aturan untuk dorong investasi

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019