Rejang Lebong (ANTARA) - Tujuh kandidat yang akan maju dalam Pilkada serentak di Kabupaten Rejang Lebong tahun depan mendaftar ke panitia penjaringan Calon Kepala Daerah (Cakada) yang dilaksanakan DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) setempat.

Ketua DPC PKB Rejang Lebong, Sanusi Pane di kantor DPC PKB Rejang Lebong, Senin, mengatakan penjaringan Cakada itu mereka buka selama satu minggu terhitung mulai 27 November sampai dengan 3 Desember besok.

"Hingga hari ke enam atau sehari sebelum penutupan penjaringan sudah ada tujuh kandidat yang mendaftarkan diri," ujar dia.

Para kandidat yang mendaftar pada penjaringan yang mereka lakukan itu tambah dia, mendaftarkan diri untuk menjadi bupati atau wakil bupati, baik atas nama per orangan maupun yang mendaftar secara berpasangan.

"Untuk yang mengembalikan berkas pendaftaran sampai hari ini baru ada tiga orang yakni atas nama M Fikri Thobari dan pasangan Susilawati-Ruswan, sedangkan yang sudah berkoordinasi akan mengembalikan sore ini ada pak Abu Bakar," tambah dia.

Kendati kandidat yang mendaftar di panitia penjaringan DPC PKB baru ada tujuh kandidat, namun kemungkinan masih ada kandidat lainnya yang akan mendaftar sebelum penutupan pada Selasa sore (3/12), mengingat ada beberapa nama yang akan mendaftarkan diri.

Mekanisme penjaringan Cakada yang mereka laksanakan itu, kata dia, agak berbeda dengan partai lainnya karena pihaknya hanya mengumpulkan berkas-berkas dari para kandidat dan selanjutnya mereka kirimkan ke DPW PKB Bengkulu dan DPP PKB melalui aplikasi pendaftaran secara online.

"Setelah pendaftaran dan pengumpulan berkas, untuk pemeriksaan berkasnya dilakukan oleh DPW PKB Bengkulu dan DPP PKB. Selain itu kami juga masih menunggu penetapan lokasi pemaparan dan pendalaman visi dan misi, apakah dilaksanakan di DPW atau dikembalikan ke DPC," tambah dia.

Sejauh ini partai PKB yang memiliki dua kursi di DPRD Kabupaten Rejang Lebong itu menjadi partai terakhir yang membuka penjaringan setelah sebelumnya, sembilan partai lainnya yang memiliki kursi di DPRD Rejang Lebong telah lebih dahulu melakukan penjaringan Cakada, PKB nantinya akan berkoalisi dengan partai lainnya guna memenuhi enam kursi dewan sebagai syarat mengusung calon kepala daerah di Pilkada setempat.

Baca juga: Alokasi anggaran untuk Bawaslu Rejang Lebong terancam berkurang

Baca juga: Perindo Rejang Lebong mencari calon kepala daerah yang serius

Baca juga: PDIP Rejang Lebong lakukan survei elektabilitas calon kepala daerah

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019