Pasca kebakaran, Pertamina sediakan alternatif SPBU MT Haryono

Pasca kebakaran, Pertamina sediakan alternatif SPBU MT Haryono

Pekerja beraktivitas pascakebakaran di SPBU Pertamina, di Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (2/12/2019). Kurang lebih delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api, dan penyebab kebakaran yang terjadi pada Minggu (1/12) pukul 12.30 itu masih dalam penyelidikan pihak yang berwenang. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/ama.

Kami turut prihatin atas kejadian ini, dan terus berkoodinasi dengan Kepolisian terkait proses investigasi
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region III memberikan alternatif layanan SPBU bagi masyarakat di seputaran area MT Haryono, Jakarta Selatan, pasca terjadinya insiden kebakaran di SPBU 31.12802 pada Minggu (1/12) pukul 23.22 WIB.

Unit Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami di Jakarta, Senin mengatakan, akibat insiden tersebut, untuk sementara SPBU COCO MT Haryono tidak beroperasi.

“Kami turut prihatin atas kejadian ini, dan terus berkoodinasi dengan Kepolisian terkait proses investigasi. Untuk sementara ini, masyarakat bisa mendapatkan BBM di SPBU Pertamina yang berdekatan, yaitu di SPBU 34.12806 di Jalan Dr. Soepomo atau SPBU 34.12902 di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan,” jelas Dewi.

Dewi menambahkan, penyebab kebakaran masih dalam investigasi pihak berwajib. Namun demikian, berdasarkan pantauan CCTV di SPBU terlihat bahwa kebakaran dipicu ketika satu unit mobil berwarna hitam berusaha masuk ke antrian pengisian BBM dengan kecepatan tinggi, sehingga menabrak pulau pompa dispenser nomor 3. Setelah menabrak, mobil masih bisa bergerak mudnur dan langsung melarikan diri dari area SPBU.

Akibat insiden tersebut, terjadi percikan api di pompa dispenser nomor 3, yang juga turut membakar 1 unit mobil Toyota Altis yang saat itu sedang bersiap melakukan pengisian bahan bakar. Namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Dewi menjelaskan, pihaknya mengapresiasi kerjasama antara operator SPBU, petugas keamanan, beserta Damkar yang bahu membahu memadamkan api. “Pukul 23.45 WIB, alhamdulillah api berhasil dipadamkan,” ujarnya.

Dewi menghimbau kepada konsumen agar tetap mengutamakan aspek keamanan saat mengisi BBM di SPBU, yaitu tertib mengantri, mematikan mesin kendaraan, tidak menggunakan telepon seluler, tidak merokok di area SPBU, serta tidak mengisi BBM selain ke tangki kendaraan.

Untuk informasi seputar layanan BBM dan LPG serta kondisi SPBU, dapat menghubungi Call Center Pertamina di 135.

Baca juga: Kebakaran pipa minyak Pertamina di Cimahi, Puslabfor olah TKP
Baca juga: Pertamina tuntaskan penanganan kerusakan pipa Cimahi

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pertamina antisipasi teror dan tumpahan minyak melalui simulasi

Komentar