Polres Sukabumi Kota tangkap belasan tersangka pencurian sepeda motor

Polres Sukabumi Kota tangkap belasan tersangka pencurian sepeda motor

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo saat menunjukan barang bukti kunci letter T yang digunakan tersangka curanmor dalam melakukan aksinya. (Antara/Aditya Rohman)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sukabumi Kota, Jawa Barat menangkap belasan tersangka kasus pencurian sepeda motor (curanmor) yang kerap beraksi di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi.

"Dalam sebulan terakhir ini kami berhasil menangkap 12 tersangka pelaku pencurian sepeda motor dari jumlah tersebut beberapa diantaranya adalah penadah," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo di Sukabumi, Senin.

Adapun 12 tersangka itu berinisial NAM alias P (35), ES alias B (32), SH (34), B (29), AS alias Y (39), H (23), M (30), RA alias A (24), I alias M (38), E alias A (39), AR alias A (29) dan DMR alias (34).

Dari tangan para tersangka disita 18 unit sepeda motor yang mayoritas jenis matic. Selain itu, dari 12 tersangka beberapa diantaranya merupakan pemain lama atau residivis yang berulang kali melakukan kejahatan serupa.

Selain itu, satu diantaranya harus ditembak bagian betisnya karena mencoba melawan saat akan ditangkap ditambah tersangka merupakan residivis kasus pencurian sepeda motor yang kerap beraksi di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Baca juga: Polisi ungkap komplotan pencuri kendaraan bermotor libatkan anak

Baca juga: Polisi tangkap pencuri kendaraan bermotor lewat jejaring sosial

Baca juga: Polsek ujung tombak penanganan pencurian kendaraan bermotor di Sumsel


Tempat kejadian perkara (TKP) berada di beberapa lokasi seperti Kecamatan Kebonpedes, Cireunghas, Cisaat dan Terminal Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Sementara untuk di wilayah Kota Sukabumi di wilayah Kecamatan Citamiang dan Warudoyong.

"Modus tersangka dalam melakukan aksinya dengan cara mencari sepeda motor yang terparkir dan untuk membawa kabur motor milik korban hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit dengan cara merusak kunci kontak," tambahnya.

Wisnu mengatakan adapun barang bukti lainnya yang disita dari tersangka yakni tiga kunci letter Y, satu buat kunci letter T, 11 mata kunci yang terbuat dar besi dan empat lembar STNK kendaraan roda dua.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian Dengan Pemberatan yang ancaman hukumannya tujuh tahun penjara, sementara untuk penadah dijerat dengan Pasal 480 KUHP tentang Tadah yang ancaman hukumannya empat tahun penjara.

Pada kesempatan itu juga Polres Sukabumi Kota menyerahkan satu unit sepeda motor kepada korban dari hasil pengungkapan kasus pencurian kendaraan bermotor tersebut. Sepeda motor milik korban ini dicuri di wilayah Terminal Sukaraja belum lama ini.

"Kami mengucapkan terima kasih karena sepeda motor ini saya gunakan untuk mencari nafkah sebagai pedagang mie ayam," kata korban Hendriatno.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar