Saya bangga diakui sebagai penyerang terbaik di Liga Italia
Jakarta (ANTARA) - Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Italia pada acara penganugerahan Gran Gala del Calcio di Milan, Selasa dini hari WIB.

"Saya akan berusaha berbicara dalam bahasa Italia. Saya bangga diakui sebagai penyerang terbaik di Liga Italia," kata Ronaldo dalam sambutannya seperti dikutip Football Italia.

"Saya berterima kasih kepada rekan-rekan setim, para pemain yang telah memilih saya. Setelah dua tahun di Italia, saya dapat berkata bahwa ini merupakan liga yang sangat sulit," tambahnya.

Pemilik nomor punggung tujuh itu juga terpilih sebagai penyerang terbaik, bersama penyerang Atalanta Duvan Zapata dan pemain veteran Sampdoria Fabio Quagliarella.

Upacara pemberian penghargaan ini diberikan dengan berpatokan penampilan yang dilakukan pemain dan tim pada musim lalu.

Ronaldo awalnya diperkirakan akan terbang ke Paris untuk menghadiri acara penganugerahan pemain terbaik Ballon d'Or, setelah ia menjadi salah satu kandidat untuk memenanginya. Namun pemain Portugal itu kemudian memilih untuk berangkat ke Milan untuk acara serupa.

Megabintang Barcelona Lionel Messi mengungguli para kandidat pesaingnya untuk memenangi Ballon d'Or 2019. Itu merupakan Ballon d'Or keenam bagi pemain Argentina tersebut.

Baca juga: Untuk keenam kalinya Lionel Messi sabet Ballon d'Or

Pada penghargaan Ballon d'Or tahun ini, Ronaldo hanya menduduki peringkat ketiga. Posisinya di bawah Messi dan bek Liverpool Virgil van Dijk.

Agen Ronaldo, Jorge Mendes, menegaskan bahwa kliennya tersebut masih merupakan pemain terbaik di dunia meski gagal memenangi Ballon d'Or musim ini.

"Cristiano adalah pemain terbaik sepanjang sejarah, dan Anda mengetahui hal itu," ucapnya kepada para pewarta saat menghadiri Gran Gala Calcio.

Ronaldo menjalani musim debut yang mengagumkan di Liga Italia. Ia mengemas 21 gol untuk membantu Juventus memenangi gelar liga untuk kedelapan kalinya secara beruntun.

Musim ini ia telah menyumbang enam gol dan satu assist. Ia juga 11 kali tampil sebagai pemain inti dari 14 laga yang dimainkan Juventus di Liga Italia 2018/2019.

Selain memberikan penghargaan kepada pemain terbaik Liga Italia, Gran Gala del Calcio juga memberikan penghargaan untuk beberapa kategori lainnya seperti pelatih terbaik dan tim terbaik.

Berikut daftar lengkap peraih penghargaan Gran Gala del Calcio 2019:

Pemain terbaik: Cristiano Ronaldo (Juventus)

Pelatih terbaik: Gian Piero Gasperini (Atalanta)

Wasit terbaik: Gianluca Rocchi

Gol terbaik: Fabio Quagliarella (Sampdoria melawan Napoli)

Tim terbaik: Atalanta

Sebelas terbaik: Samir Handanovic (Inter); Aleksandar Kolarov (Roma), Giorgio Chiellini (Juventus), Kalidou Koulibaly (Napoli), Joao Cancelo (Juventus*); Miralem Pjanic (Juventus), Josip Ilicic (Atalanta), Nicolo Barella (Cagliari*); Fabio Quagliarella (Sampdoria), Cristiano Ronaldo (Juventus), Duvan Zapata (Atalanta)

Pemain muda terbaik Serie B: Sandro Tonali (Brescia)

Gol terbaik putri: Thaisa (AC Milan melawan Juventus)

Pemain terbaik putri: Manuela Giugliano (AC Milan)

Sebelas terbaik putri: Laura Giuliani (Milan); Alia Guagni (Fiorentina), Sara Gama (Juventus), Cecilia Salvai (Juventus), Elisa Bartoli (Roma); Aurora Galli (Juventus), Manuela Giugliano (Roma), Valentina Cernoia (Juventus); Valentina Giacinti (Milan), Ilaria Mauro (Fiorentina), Barbara Bonansea (Juventus)

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2019