Jakarta (ANTARA) - Juru bicara Panitia Penyelenggara Munas X Golkar 2019 Sebastian Salang mengatakan Munas Golkar merupakan momentum penting untuk melakukan konsolidasi gagasan demi mendorong kemajuan bangsa.

"Munas Golkar merupakan momentum konsolidasi gagasan dan potensi untuk membahas masalah atau isu-isu strategis bangsa. Golkar menjadi bagian penting dan strategis dari setiap nafas perubahan, pertumbuhan, dan perkembangan bangsa ini," kata Sebastian Salang di Jakarta, Selasa.

Dia menekankan Munas juga momentum penting dalam rangka mencurahkan gagasan untuk mendorong pengelolaan dan proses pelembagaan partai yang semakin demokratis, ramah pada perkembangan teknologi dan informasi di era digital ini.

Baca juga: Pembuktian dukungan 30 persen diputuskan di Munas Golkar

Sebastian mengatakan Munas X Partai Golkar akan dimulai Selasa hari ini hingga Jumat (6/12), di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta.

Pembukaan Munas akan dilakukan pukul 19.00 WIB dan akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo, menteri kabinet serta pimpinan partai politik dan para duta besar negara sahabat.

Munas X Partai Golkar mengambil tema "Golkar, Kita Satu Untuk Indonesia". Tema itu, kata dia, merupakan cerminan semangat, tekad dan komitmen partaì untuk menjaga soliditas partai, menjadi yang terbaik, menjadi nomor satu, pemersatu dan perekat bangsa, demi Indonesia yang lebih baik, maju, adil dan demokratis.

Dia mengatakan dalam setiap Munas, termasuk Munas X Golkar, para kader terbaik partai ingin memberikan sumbangsih terbesarnya bagi partai dan bangsa dengan ikut dalam kontestasi menjadi Ketua Umum Golkar.

Baca juga: Timses pastikan Bamsoet tetap maju dalam Munas Golkar 2019

Baca juga: Rizal optimistis Airlangga akan lanjutkan kepemimpinan di Golkar


Sampai saat ini, kata dia, ada delapan kader partai yang menyatakan siap bertarung dan bersaing secara sehat dan demokratis untuk menjadi ketua partai lima tahun mendatang.

"Animo yang begitu besar dari para calon adalah gambaran bahwa Golkar merupakan partai besar yang memiliki begitu banyak kader terbaik. Selain itu juga menggambarkan bahwa demokratisasi di internal partai sungguh terwujud nyata," jelas Sebastian.

Karena itu, kata dia, Ketua Umum Golkar, Ketua Munas dan seluruh panitia memberikan jaminan bahwa Munas ini akan berlangsung demokratis, aman, damai dan menggembirakan serta tanpa intevensi dari pihak manapun.

"Komitmen dan harapan ini kiranya menjadi komitmen dan harapan bersama demi terwujudnya Munas X Golkar yang demokratis, sukses, aman dan damai," kata Sebastian.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2019