Tingkatkan kenyamanan, disiapkan 85 "rest area" di Tol Trans Jawa

Tingkatkan kenyamanan, disiapkan 85 "rest area" di Tol Trans Jawa

Salah satu rest area yang berada di Jalan Tol Trans Jawa. (Dokumentasi Kementerian PUPR)

Untuk mengantisipasi keadaan darurat seperti longsor akibat peralihan musim, kami siagakan tim tanggap bencana pada titik-titik rawan bencana
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melengkapi Tol Trans Jawa dengan 85 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area dalam rangka meningkatkan kenyamanan pengguna jalan pada liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Jalan Tol Trans Jawa dilengkapi dengan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) sebanyak 85 rest area dengan rincian 43 rest area TIP A, 24 TIP B, dan 18 TIP C," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa.

Menteri PUPR juga menambahkan bahwa untuk peningkatan kenyamanan para pengguna jalan, Kementerian PUPR akan menyediakan 26 toilet kabin, 13 unit bis toilet VIP, 13 unit mobil tinja, 63 unit mobil tangki air, dan 449 hidran umum di lokasi rest area di jalan tol dan disebar juga di ruas-ruas jalan nasional.

Di ruas jalan tol juga akan disediakan mobile reader, mobile top up, dan penjualan kartu perdana uang elektronik pada GT dengan kepadatan lalu lintas tinggi.

"Untuk mengantisipasi keadaan darurat seperti longsor akibat peralihan musim, kami siagakan tim tanggap bencana pada titik-titik rawan bencana," kata Basuki Hadimuljono.

Selain itu, lanjutnya, untuk koordinasi Posko Siaga Sapta Taruna Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 tersebar di jaringan jalan nasional di seluruh Indonesia.

Kementerian PUPR akan terus berkoordinasi dengan Kemenhub, Korlantas, BMKG, dan kementerian/lembaga lainnya yang terkait untuk kelancaran dan kenyamanan selama liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Selain itu, Kementerian PUPR menyebut jalan Tol Trans Jawa yang operasional untuk liburan Natal 2019 & Tahun Baru 2020 sepanjang 1.002 km, termasuk Jakarta-Cikampek II Elevated 36 km yang rencananya akan diresmikan dan dioperasikan pada minggu ke-2 Desember 2019.

Baca juga: Kementerian PUPR optimalkan "rest area" dukung aspek kenyamanan

Baca juga: Jasa Marga: Tol Trans-Jawa ciptakan "trafik silaturahmi"

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jalan Tol Pasuruan sisakan masalah pencairan ganti rugi

Komentar