Mantan presiden Zimbabwe Mugabe tinggalkan harta 10 juta dolar

Mantan presiden Zimbabwe Mugabe tinggalkan harta 10 juta dolar

Pelayat mengantre untuk memberikan penghormatan terakhir bagi Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe saat disemayamkan di stadion Rufaro, Mbare, Harare, Zimbabwe, Jumat (13/9/2019). (REUTERS/SIPHIWE SIBEKO)

Harare (ANTARA) - Mantan pemimpin Ziumbabwe Robert Mugabe, yang meninggal pada September, meninggalkan harta kekayaan 10 juta dolar AS serta sejumlah properti di ibu kota, tetapi tidak menunjuk ahli waris, perincian kekayaannya diumumkan oleh media pemerintah The Herald, Selasa.

Warga Zimbabwe telah berspekulasi selama bertahun-tahun tentang tingkat kekayaan Mugabe, dengan banyak yang berasumsi bahwa dia dan keluarganya mengumpulkan banyak kekayaan selama 37 tahun berkuasa.

Anak perempuan Mugabe, Bona Chikowore, menulis pada bulan Oktober kepada Ketua Pengadilan Tinggi untuk mendaftarkan tanah ayahnya, Herald melaporkan. Dia mendaftarkan aset termasuk uang 10 juta dolar yang disimpan di bank lokal, empat rumah di Harare, 10 mobil, satu lahan pertanian, rumah pedesaan dan kebun.

Salah satu propertinya adalah rumah mewah yang dikenal sebagai Atap Biru di pinggiran kota di luar ibu kota tempat tinggal Mugabe.

Daftar itu tidak termasuk beberapa peternakan yang menurut laporan dimiliki atau bisnis susu yang dijalankannya dengan istrinya Grace, atau properti apa pun di luar Zimbabwe.

The Herald mengatakan, pengacara Mugabe, Terrence Hussein, juga telah meminta pengadilan untuk mendaftarkan perkebunan itu, dengan mengatakan ia dan keluarganya belum menemukan surat wasiat yang ditinggalkan oleh pemimpin pendiri Zimbabwe.

Berdasarkan undang-undang Zimbabwe, harta milik seseorang yang meninggal tanpa surat wasiat akan dibagikan antara pasangan dan anak-anak mereka.

"Sejauh ini, kami belum dapat menemukan surat wasiat, tetapi telah mengirimkan pertanyaan ke firma hukum lain, meskipun anggota keluarga tidak mengetahui adanya surat wasiat," Hussein menulis dalam surat ke Pengadilan Tinggi yang dikutip oleh Herald.

Hussein tidak menanggapi panggilan dan pertanyaan dari Reuters untuk memberikan komentar. Chikowore tidak menjawab panggilan ke ponselnya.

Kabel diplomatik dari Kedutaan Besar AS di Harare pada tahun 2001 yang diterbitkan oleh Wikileaks mengatakan Mugabe dikabarkan memiliki lebih dari satu miliar dolar aset di Zimbabwe dan luar negeri, tetapi tidak memiliki informasi yang dapat dipercaya.

Sejumlah unggahan di media sosial memperlihatkan kepada putra-putranya Robert Jr dan Bellarmine Chatunga dengan botol-botol sampanye mahal di sebuah klub malam Johannesburg dan laporan-laporan tentang belanja Grace telah menawarkan pandangan sekilas tentang pengeluaran mewah keluarga itu.

Perselisihan hukum pada tahun 2014 atas sebuah villa bernilai lima juta dolar di Hong Kong menunjukkan keluarga telah membeli properti di luar negeri. Pemerintah mengatakan memiliki rumah itu.

Menjelang akhir hidupnya, Mugabe mengeluh tentang ukuran paket pensiunnya dan mengatakan dia tidak memiliki cukup uang untuk membayar pemeliharaan Blue Roof.

Mnangagwa mengisyaratkan minggu lalu bahwa keluarga Mugabe memiliki sejumlah pertanian di Zimbabwe dan bahwa pemerintah akan memberi mereka dengan hanya satu, sejalan dengan aturan yang membatasi kepemilikan pertanian.

Sumber: Reuters

Baca juga: Robert Mugabe akan dikebumikan di pemakaman nasional

Baca juga: Mugabe gunakan hak pilih dalam pemilu pertama sejak penggulingannya

Baca juga: Presiden Zimbabwe: kesejahteraan dan keselamatan Mugabe dijamin

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar