Stasiun Solobalapan tambah rangkaian KA untuk akhir tahun

Stasiun Solobalapan tambah rangkaian KA untuk akhir tahun

Ilustrasi - Situasi Stasiun Solobalapan bersiap melayani penumpang pada momentum liburan Natal dan Tahun Baru 2020. ANTARA/Aris Wasita.

Solo (ANTARA) - Stasiun Solobalapan akan menambah tiga rangkaian kereta api (KA) untuk persiapan akhir tahun, yaitu pada momentum perayaan Natal dan liburan Tahun Baru 2020, seiring dengan prediksi peningkatan permintaan perjalanan oleh masyarakat.

"KA tambahan ini yaitu Argo Lawu, Dwipangga, Lodaya pagi dan malam," kata Kepala Stasiun Solobalapan Suharyanto di Solo, Jawa tengah, Selasa.

Meski tidak menyampaikan kapasitas dari penambahan tersebut, dikatakannya, ada kenaikan sekitar 20 persen jika dibandingkan dengan hari normal.

Ia mengatakan untuk KA tambahan ini akan mulai beroperasi pada tanggal 20 Desember 2019 - 5 Januari 2020.



Menurut dia, berkaca pada tahun lalu untuk KA Argo Lawu dan Argo Dwipangga pengoperasiannya bersifat fakultatif.

"Untuk ketersediaan tiket momentum Natal dan Tahun Baru 2020 sampai saat ini masih tersedia, sekitar 50 persen," katanya.

Meski diperkirakan ada kenaikan jumlah penumpang, dikatakannya, hingga saat ini belum terasa. Kondisi tersebut terlihat dari transisi grafik perjalanan KA (Gapeka).

"Kami masih melakukan pemantauan pola operasinya, jadi belum begitu fokus ke Nataru," katanya.

Sementara itu, terkait dengan harga tiket, dikatakannya, mengalami kenaikan sampai pada batas atas. Ia mencontohkan untuk KA Argo Wilis dan Turangga mencapai Rp600 ribu per penumpang dan KA Argo Dwipangga sekitar Rp550 ribu per penumpang.

"Kalau kenaikan harga di Tahun Baru belum kelihatan," katanya.

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

LRT Jakarta Fase II akan mulai dibangun awal 2020

Komentar