Bandarlampung (ANTARA) - Menjelang Operasi Lilin Krakatau 2019 Polresta Bandarlampung mengecek kondisi dan kesiapan serta kelayakan Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) untuk pengendara yang melintasi jalan tersebut saat libur panjang Natal dan Tahun Baru.

"Pengecekan di Jalinsum ataupun Jalan Sukarno-Hatta kami lakukan dari perbatasan Bandarlampung dan Lampung selatan sampai Tugu Raden Intan Rajabasa," kata Kasat Lantas Polresta Bandarlampung AKP Reza Khomeini, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menjelaskan hal yang dicek meliputi kesiapan rambu lalu lintas, titik trouble spot (titik bermasalah) dan black spot (daerah rawan kecelakaan) di sepanjang Jalan Soekarno-Hatta agar para pengemudi lebih aman dan nyaman saat melaju di jalan tersebut.

Baca juga: Jalan Lintas Sumatera ruas Rajabasa-Panjang makin rusak

Baca juga: Jalinsum Kalianda Lampung minim penerangan

Baca juga: Surga tersembunyi di Lintas Barat Sumatera


Dari hasil pengecekan yang dilakukan, masih ada beberapa titik trouble spot, diantaranya seperti beberapa pengerjaan jalan yang belum selesai, kontur jalan yang bergelombang sehingga beresiko terjadinya laka lantas.

"Selain itu banyak rambu-rambu lalu lintas yang tertutup oleh ranting pohon yang berada di sekitar PT. Bukit Asam," kata dia.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Polresta Bandarlampung segera melakukan koordinasi dengan pihak erkait.

"Hal ini akan segera kita koordinasikan kepada pihak terkait guna memastikan jalur lintas, khususnya Jalinsum saat libur panjang Natal dan tahun baru dalam keadaan siap dan layak untuk digunakan oleh pengemudi," katanya.*

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019