Liga 1 Indonesia

Persib takluk oleh sepuluh pemain Persela di kandang

Persib takluk oleh sepuluh pemain Persela di kandang

Pesepakbola Persib Bandung Frets Butuan (kanan) berebut bola dengan pesepakbola Persela Lamongan Ahmad Birrul (kiri) saat laga lanjutan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten, Bandung, Jawa Barat, Selasa (3/12/2019). Pada babak pertama Persib Bandung kalah dengan skor 0-1. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nz (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)

Bandung (ANTARA) - Persib Bandung harus rela menerima kekalahan dengan skor 0-2 dari Persela Lamongan meski klub berjuluk Laskar Joko Tingkir itu bermain dengan 10 pemain sejak babak kedua dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa.

Laga diawali dengan peluang berbahaya yang didapat oleh kubu Persela. Gelandang Persela, Rafael Oliveira melepaskan sepakan keras ke gawang Persib, namun masih berhasil diselamatkan I Made Wirawan.

Tak lama setelah itu di menit ke-11, Rafael berhasil membuka keunggulan Persela di kandang Maung Bandung. Pemain bernomor punggung 26 itu mencetak gol melalui sebuah sundulan.

Ketinggalan satu gol, kubu tuan rumah terlihat kehilangan konsentrasi. Hal tersebut terlihat dari kordinasi antar lini yang tidak efisien menjelang pertengahan babak pertama.

Peluang matang Persib baru tercipta di menit ke-24 saat Kevin Van Kippersluis berhasil mengisi celah di pertahanan Persela. Namun sepakan Kevin masih terselamatkan oleh Kiper Persela, Dwi Kuswanto.

Di menit ke-33, Kevin hampir menyeimbangkan nasib Persib. Sepakan bebas Kevin melesat di atas mistar gawang Dwi hingga keluar lapang.

Sedangkan Persela juga hampir menambah keunggulan di menit ke-43. Alex Goncalves melepaskan sepakan setelah berhasil menang satu lawan satu dengan Made Wirawan. Namun bola sepakan Alex digagalkan oleh Ahmad Jufrianto yang berada di depan gawang Persib.

Kejadian serupa terjadi di menit akhir babak pertama oleh Alex. Namun yang menjadi penyelamat adalah kapten tim Persib yakni Supardi Nasir.

Babak kedua laga, Persib kembali mendapat nasib buruk seperti saat menghadapi Bali United, Kamis (28/1) lalu. Ahmad Jufrianto yang ingin membuang bola dari sepakan bebas pemain Persela malah mencetak gol bunuh diri di menit ke-55.

Baca juga: Nil Maizar jadikan laga Persela vs Persib peluang jauhi zona degradasi

Setelah kejadian itu, perlahan para pemain Persib semakin kehilangan konsentrasi. Sehingga penyerangan yang dilakukan oleh Maung Bandung banyak menemui kebuntuan.

Sementara itu, pemain belakang Persela Arif Satria mendapat kartu merah di menit ke-64. Kejadian tersebut bermula saat Kevin tersungkur di hadapan gawang Persela.

Karena protes berlebihan, Arif akhirnya diganjar kartu merah oleh wasit Abdul Rahman. Laskar Joko Tingkir itu harus rela menjalankan laga dengan sepuluh pemain.

Pelatih Nil Maizar otomatis harus putar otak menghadapi kondisi tersebut. Dengan keunggulan dua gol atas Persib, Persela memasang formasi yang sangat bertahan.

Hingga akhir laga, Persib gagal memanfaatkan kepincangan komposisi pemain Persela. Maung Bandung harus rela gagal meraih poin di kandang.

Baca juga: Persib tak diperkuat Ezechiel saat lhadapi Persela

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Dhika Bhayangkara resmi berseragam Persib Bandung

Komentar