Manila, Filipina (ANTARA) - Cabang olahraga balap sepeda hingga hari ketiga pelaksanaan SEA Games 2019 Filipina belum mampu menyumbang emas bagi kontingen Indonesia, namun upaya mencoba terus dilakukan yang salah satunya lewat nomor Individual Time Trial (ITT).

"Kami terus berusaha. Setelah emas dari cross country dan down hill lepas, kami terus berusaha kejar dari nomor lain (road race dan BMX)," kata Manajer tim balap sepeda Indonesia Budi Saputra saat dikonfirmasi dari Manila, Selasa.

Sesuai jadwal awal ITT putra dan putri seharusnya digelar di Tagaytay, Filipina, Rabu (4/12). Namun, karena ada topan kammuri yang melanda beberapa bagian wilayah di Filipina pelaksanaannya diundur menjadi Kamis (5/12).

Dengan adanya pengunduran jadwal, Budi menjelaskan pebalap yang bakal diturunkan terutama di nomor ITT putra dan putri hanya menjalani latihan di hotel di bawah pantauan tim pelatih.

Baca juga: Tim balap sepeda Indonesia nihil emas di hari pertama SEA Games 2019

"Hari ini hanya menjaga kondisi saja. Untuk besok baru dilakukan manager meeting. Dan sehari berikutnya baru balapan berlangsung," kata pria asal Purwokerto, Jawa Tengah itu.

Pada ITT, Indonesia hanya menurunkan dua pebalap yaitu Aiman Cahyadi di sektor putra dan Ayustina Delia Priatna di sektor putri. Keduanya merupakan pebalap Indonesia terbaik karena berstatus sebagai juara nasional. Untuk ITT putra bakal menempuh jarak 35 km, sedangkan untuk putri menempuh jarak 23,1 km.

Jika dilihat lokasi balapan, baik Aiman Cahyadi maupun Ayustina Delia Priatna bakal dihadapkan dengan lintasan balap yang variatif (ada tanjakan dan lintasan datar) mengingat lokasinya berada di ketinggian.

Budi menjelaskan peluang untuk meraih hasil terbaik memang terbuka, namun pihaknya menyadari jika persaingan bakal berlangsung dengan ketat. Pebalap tuan rumah Filipina jelas menjadi salah satu lawan yang harus diwaspadai.

Selain ITT, tim balap sepeda juga bakal turun di nomor Team Time Trial (TTT). Ada empat pebalap yang bakal diturunkan yaitu Aiman Cahyadi, Robin Manullang, Odie Setiawan dan Muhammad Abdurrohman. Balapan sendiri bakal berlangsung Sabtu (7/12).

Tim balap sepeda balap sepeda pada SEA Games 2019 ditargetkan merebut tiga medali emas. Saat ini peluang Indonesia memenuhi target tinggal dari disiplin road race yang terdiri nomor ITT dan individual road race putra putri serta TTT putra. Selain itu dari disiplin BMX yang salah satunya lewat I Gusti Bagus Saputra.

Baca juga: Tim balap sepeda Indonesia akui lepasnya medali karena salah strategi


Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019