Washington (ANTARA) - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo pada Rabu di Lisabon, kata Departemen Luar Negeri AS pada Selasa.

Pompeo, yang menemani Presiden Donald Trump ke pertemuan puncak Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di London, direncanakan berada di ibu kota Inggris itu pada Rabu dan Kamis dan bertemu dengan Perdana Menteri Portugal Antonio Costa serta Menteri Luar Negeri Santos Silva, kata departemen tersebut di dalam satu pernyataan.

Baca juga: Senat AS loloskan RUU pro-Israel dan cegah penarikan pasukan

Pembicaraan yang diatur secara tergesa-gesa itu dengan diplomat senior sekutu terdekat Israel dapat bertujuan memberi Netanyahu dorongan politik di dalam negeri, kata Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu

Politik Israael berantakan setelah pemilihan umum tanpa pemenang pada April dan September dan kegagalan Netanyahu serta penantang utamanya, Benny Gantz, untuk meraih mayoritas untuk memerintah di dewan legislatif. Netanyahu juga menghadapi tuduhan korupsi, tuduhan yang ia bantah.

Baca juga: AS akan beli sistem senjata Iron Dome dari Israel

Pompeo dan Netanyahu direncanakan berbicara mengenai ancaman dari Iran, di antara masalah yang dibahas pemimpin Israel tersebut dalam percakapan telepon dengan Presiden AS Donald Trump pada Ahad (1/12).

Netanyahu memuji Pompeo bulan lalu karena pengumuman mengenai perlunakan posisi lama AS mengenai permukiman Israel di wilayah pendudukan Tepi Barat Sungai Jordan. Pompeo mengumumkan bahwa Washington tidak lagi menganggap permukiman Yahudi adalah pelanggaran hukum internasional, perubahan kebijakan yang mengundang pengutukan dari pemimpin Palestina dan Arab.

Baca juga: AS pindahkan kedutaan ke Yerusalem akhir 2019

Sumber: Reuters

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019