Jakarta (ANTARA) -
Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, menyerahkan jenazah warga negara asing (WNA) asal Singapura yang tewas tenggelam di perairan Banten, Minggu (3/11) kepada keluarganya melalui Kedutaan Besar Singapura untuk Indonesia, Rabu siang.
 
"Korban teridentifikasi atas nama Wan Bzng Yang. Jenazah berhasil kita kenali setelah dilakukan otopsi sebulan lebih di RS Polri," kata Kepala Instalasi Forensik RS Polri Kombes Polisi Edy Purnomo di Jakarta.
 
RS Polri telah menerima kiriman jenazah korban pada 11 November 2019 dalam kondisi sudah rusak. Petugas sulit mengenali ciri-ciri korban.
 
Saat itu, satu-satunya petunjuk bahwa jenazah merupakan WNA yang tenggelam di perairan Pulau Sangiang, Serang, Banten, adalah pakaian selam warna hitam yang dikenakan.
 
Jenazah ditangani oleh Tim Medis dari Disaster Victim Identification (DVI) RS Polri dengan menelusuri identitas korban melalui informasi fisik yang dihimpun selama proses otopsi.
 
"Proses otopsi berjalan agak lama karena jenazahnya terendam di air laut beberapa hari dan banyak terkontaminasi air laut yang merusak sampel DNA," katanya.

Baca juga: RS Polri terima jasad yang diduga WNA tenggelam di perairan Banten
Baca juga: Keluarga WNA tenggelam di Sangiang berdatangan ke RS Polri
 
Tim DVI mengambil beberapa kali sampel mulai dari daging, rambut sampai tulang untuk mengetahui DNA korban.
 
Setelah DNA dan jasad korban didapat, petugas masih kesulitan mencari data pembanding sebab keberadaan keluarga belum diketahui.
 
Selanjutnya petugas berupaya membuat sketsa wajah korban, namun terkendala fisik wajah yang sudah membengkak dan rusak.
 
"Jadi pengambilan DNA ini agak lama terutama pembandingnya. Karena keluarga di Singapura dan tinggal di Singapura," ujar Edi.
 
Pihaknya pun berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Singapura melalui jaringan Interpol.
 
"Setelah diketahui keluarganya, kendala selanjutnya adalah mengambil sampel DNA posmortem dan menunggu DNA antemortem datang dari luar negeri. Itu yang membuat prosesnya lama," katanya.
 
Akhirnya jenazah telah diserahterimakan kepada keluarga yang diwakili pihak Kedutaan Besar Singapura untuk Indonesia bertempat di RS Polri Kramat Jati pada pukul 10.00 WIB.
Baca juga: Forensik belum pastikan jasad berpakaian selam adalah WNA tenggelam

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019