1.599 pemain talempong Tanah Datar pecahkan rekor MURI

1.599 pemain talempong Tanah Datar pecahkan rekor MURI

Sejumlah anak memainkan alat musik tradisional Talempong saat Festival Budaya Minangkabau 2019 di Istano Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (4/12/2019). ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/aww/pri.

Batusangkar (ANTARA) - Sebanyak 1.599 pemain alat musik tradisional Minang talempong pacik yang tampil dalam Festival Pesona Minangkabau 2019 di Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) untuk pertunjukan talempong pacik dengan peserta terbanyak.

Manager Senior MURI Awan Rahargo menyerahkan piagam pemecahan rekor tersebut kepada Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi di Istano Basa Pagaruyung di Batusangkar, pusat pemerintahan Kabupaten Tanah Datar, Rabu.

Awan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berhasil memecahkan rekor pertunjukan talempong pacik dengan peserta terbanyak yang dicetak di Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2012 dengan 1.000 peserta dan di Kota Padang tahun 2015 dengan 1.371 peserta.

"Artinya, dengan jumlah 1.599 pemain talempong pacik, Tanah Datar sudah memenuhi kriteria untuk masuk ke dalam rekor MURI Indonesia untuk rekor yang paling banyak pesertanya," kata Awan.

Ia mengatakan bahwa secara keseluruhan Kabupaten Tanah Datar sudah memecahkan tiga rekor MURI melalui Festival Pesona Minangkabau semenjak 2017. 
 
Anak-anak sekolah memainkan alat musik tradisional talempong saat Festival Budaya Minangkabau 2019 di Istano Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (4/12/2019), untuk memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/aww.


Dalam Festival Pesona Minangkabau 2017, Kabupaten Tanah Datar memecahkan rekor arakan jamba terbanyak dengan 1.111 jamba dari 75 nagari dan tahun 2018 mencetak rekor minum kawa daun dalam festival serupa.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan bahwa Festival Pesona Minangkabau merupakan bagian dari upaya melestarikan budaya Minang di Tanah Datar sebagai pusek jalok pumpunan ikan.

Festival tersebut meliputi pawai budaya Minangkabau yang didukung provinsi tetangga dan negeri Malaysia, Pagaruyuang Ekspo, dan pameran lainnya. Ada belasan acara pariwisata yang berlangsung selama festival, termasuk pacu jawi di Sungai Tarab Sabtu depan.

Baca juga:
Tanah Datar siap pecahkan rekor MURI pemegang talempong terbanyak

Festival Pesona Minangkabau dimeriahkan budaya Minangkabau-Melayu

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar