Timika (ANTARA) - Tim pencarian dan pertolongan gabungan terdiri atas personel Basarnas Timika, TNI dan Polri melakukan pencarian seorang penumpang kapal motor bermesin 40 PK yang dilaporkan terbalik di perairan sekitar Pulau Puriri, Distrik Mimika Timur Jauh, Rabu.

Kasubsi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Syahril di Timika, Rabu, mengatakan korban yang belum ditemukan atas nama Kopral Satu Akbar, prajurit TNI yang sehari-hari bertugas di Koramil Agimuga.

Perahu nahas tersebut dilaporkan mengangkut sembilan orang penumpang,  sebanyak delapan orang penumpang lainnya ditemukan dalam keadaan selamat setelah mendapat pertolongan oleh nelayan setempat.

Baca juga: SAR kerahkan kapal cari ABK KM Azula

Saat ini para korban selamat sedang dievakuasi dari lokasi kejadian ke Kantor Satuan Polisi Perairan Udara di kawasan Pelabuhan Pomako, Distrik Mimika Timur.

Sementara dua orang perempuan yang juga ikut menumpang perahu motor tersebut ditemukan dalam kondisi selamat dan telah dievakuasi ke rumah sakit di Timika.

"Sampai malam ini upaya pencarian masih terus dilakukan di titik koordinat yang diduga sebagai lokasi terbaliknya perahu longboat tersebut. Kami upayakan pencarian maksimal malam ini, kalau hasilnya nihil maka kami akan melakukan pencarian lagi mulai esok pagi," kata Syahril.

Ia mengatakan kejadian itu dilaporkan oleh Kasat Polairud Polres Mimika Iptu Limbong kepada Basarnas Timika pada Rabu siang sekitar pukul 14.30 WIT.

Adapun kejadian perahu terbalik di perairan Pulau Puriri diperkirakan terjadi sejak Rabu pukul 11.30 WIT.

Setelah menerima laporan, sebanyak 13 personel gabungan Basarnas dan TNI segera diberangkatkan menuju lokasi kejadian dengan menggunakan dua perahu karet untuk mencari keberadaan korban yang belum ditemukan itu.

Ikut dalam pencarian, tim Satpol Airud Polres Mimika menggunakan dua perahu cepat 'sea rider'.

Adapun penyebab kecelakaan perahu motor di perairan sekitar Pulau Puriri itu belum diketahui pasti

Informasi yang dihimpun ANTARA di Timika, Rabu, perahu nahas tersebut berangkat dari Pelabuhan Pomako Timika menuju Distrik Agimuga sekitar pukul 05.30 WIT.

Adapun identitas delapan penumpang yang ditemukan dalam kondisi selamat yaitu Agus Kelanangame, Marsel Mujangge, Tomi Kelanangame, Tomi Ilimang, Nikson Ilimang, Eki Wantik, Serpina Wantik dan Margareta Pogolamom.

Baca juga: SAR Timika, Papua cari awak kapal tenggelam di PPI Paumako
 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019