Jakarta (ANTARA) - Aktris Inggris Helen Mirren meraih lifetime achievement award atau penghargaan prestasi seumur hidup, dia akan menerima penghargaan itu di Festival Film Internasional Berlin 2020, sebagaimana diumumkan oleh panitia festival itu pada Rabu (4/12) waktu setempat.

Baca juga: Helen Mirren Tolak Undangan Santap Malam Ratu Inggris

Mirren, yang memenangkan piala Oscar dan Golden Globe pada 2007 untuk penampilannya sebagai Ratu Elizabeth II di film "The Queen", akan menghadiri festival untuk menerima penghargaannya pada 27 Februari 2020.

Dilansir dari The Hollywood Reporter pada Rabu, dalam acara penghargaan itu sejumlah retrospektif dari film-film Mirren akan ditayangkan termasuk "The Queen", "The Long Good Friday" (1980), "The Cook, Thief, His Wife & Her Lover" (1989), "The Last Station" (2009) dan "The Good Liar" ( 2019).

"Helen Mirren memiliki kepribadian yang kuat dan bagaimana dia menampilkan itu sungguh mengesankan. Dia mengejutkan kita berkali-kali dengan interpretasi karakter perannya yang kompleks - apakah sebagai Chris di 'Calendar Girls' atau Queen Elizabeth II di 'The Queen'," kata Direktur Eksekutif Berlinale Mariette Rissenbeek.

Rissenbeek menambahkan bahwa penggambaran kepribadian Mirren tersebut adalah paradigma sosok perempuan tangguh, sehingga Mirren layak menerima Honorary Golden Bear untuk penghargaan prestasi seumur hidup.

Baca juga: "Good Liar" sebuah film yang penuh dengan aksi "kebohongan"

Baca juga: Helen Mirren aktris teater terbaik Inggris

Baca juga: Helen Mirren Aktris Terbaik Pada Penghargaan Film Eropa

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019