Kalau pun ada biasanya pemda yang membiayai untuk mencari titik penyelaman baru
Maratua, Kalimantan Timur (ANTARA) - Indonesia International Dive Adventure menjadi ajang pertama di dunia yang melombakan pencarian titik selam baru.

Salah satu juri lomba foto bawah laut di ajang selam tersebut Ria Qorina Lubis di Maratua, Berau, Kalimantan Timur, Rabu, mengatakan hal yang menarik dalam acara itu, yaitu lomba eksplorasi titik penyelaman baru dilakukan dalam grup.

"Dan ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia, bahkan di dunia," kata dia.

Indonesia Dive Adventure yang digelar dan dikonsepkan oleh PT Sapta Grahita Dewani berlangsung dalam lima seri, mulai Desember 2019 hingga 2020. Lokasi-lokasi yang akan diselami peserta lomba secara berurutan, antara lain Maratua di Berau, Gorontalo, Pulau Weh di Aceh, dan Pulau Komodo atau Raja Ampat sebagai penutup.

Maratua bagian dari Gugusan Kepulauan Derawan yang juga masuk kawasan Segitiga Terumbu Karang dunia (Coral Triangle), katanya, masih memiliki titik-titik selam yang belum terungkap dengan berbagai jenis biota dan terumbu karang yang menarik.

Baca juga: Puluhan komunitas ikuti lomba foto bawah laut

Ia menyebut di lokasi itu memungkinkan peserta lomba menemukan titik selam baru, bahkan menemukan spesies baru atau biota endemik dalam kompetisi pada 4 hingga 8 Desember 2019.

“Belum pernah ada yang seperti ini, benar-benar baru pertama. Kalau pun ada biasanya pemda yang membiayai untuk mencari titik penyelaman baru,” kata Ria.

Koordinator acara kompetisi selam tersebut John E. Sidjabat mengatakan lomba semacam itu baru pertama kali dilakukan di dunia.

Ia mengatakan para peserta yang mengikuti lomba tersebut memang sudah profesional dan tentu tidak didampingi pemandu. Peserta kompetisi tergabung dalam satu grup di mana setiap grup ada empat orang.

Peserta lomba harus dapat menemukan 15 spesies karang, 15 spesies ikan, biota, lanskap yang menarik, komposisi, dan kondisi sosial, seperti menemukan biota endemik di Maratua.

Akan lebih menarik, kata dia, jika ada yang menemukan spesies biota atau karang baru.

Ketua Panitia Indonesia International Dive Adventure Anastasia Dewi Natalia mengatakan Maratua menjadi pembuka seri kompetisi foto bawah laut dan pencarian titik penyelaman baru karena keindahannya.

Ia mengharapkan hasil lomba yang mayoritas diikuti penyelam profesional dari Jakarta, Bali, Malaysia, hingga Austria itu, dapat memperkenalkan keindahan Maratua dan membuat wisatawan berulang datang ke tempat itu.

Direktur Utama PT Sapta Grahita Dewani Joice Maria Bernadet berharap, kompetisi tersebut dapat terus diikuti peserta lomba sehingga akhirnya diperoleh foto bawah laut dan titik penyelaman baru terbaik.

Baca juga: Tapaktuan Diving Club tanam terumbu karang di Aceh Selatan
Baca juga: Sabang gelar Internasional Freediving Competition dongkrak wisatawan
Baca juga: Tips menyelam untuk pemula


Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019