Jakarta (ANTARA) - Penyanyi pendatang baru Billie Eilish mendominasi streaming Apple Music pada 2019, mencetak prestasi dengan album paling banyak didengarkan streaming tahun ini dengan "When We Fall Asleep, Where Do We Go?".

Penyanyi 17 tahun, yang masuk ke skena pop alternatif tahun ini dan langsung dapat nominasi untuk empat penghargaan Grammy, menduduki peringkat kelima lagu yang paling banyak didengarkan streaming lewat "Bad Guy", kata Apple Music seperti dikutip dari Reuters.

"Bad Guy" juga jadi lagu yang paling banyak didengarkan di Shazam tahun ini, aplikasi pengenal musik milik Apple.

Apple punya 60 juta pelanggan layanan streaming musik, di belakang Spotify yang memimpin dengan jumlah 113 juta pelanggan per Oktober.

Di antara musisi-musisi lain, rapper Lil Nas X adalah artis yang lagunya paling banyak didengarkan di Apple Music berkat lagu viral "Old Town Road" yang bertengger 19 pekan di tangga lagu Billboard.

Musisi J.Balvin dari Kolombia, yang bisa didengarkan lewat lagu "I Like It", "Say My Name" dan "China", adalah artis yang paling banyak didengarkan di Shazam tahun ini.

Ariana Grande dan Post Malone sama-sama memiliki dua rekor daftar 10 lagu yang paling banyak didengarkan di Apple Music Global. Lagu patah hati Grande "Thank U, Next" dan "7 Rings" ada di peringkat ketiga dan keempat, sementara "Sunflower" milik Post Malone dari film animasi "Spider-Man: Into the Spiderverse" dan "Wow" ada di posisi kedua dan keenam.

Baca juga: Apple terancam denda miliaran dolar karena Spotify

Baca juga: Pelanggan Apple Music saingi Spotify

Baca juga: Pelanggan Apple Music bisa beri hadiah gratis langganan ke teman

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019