Tuan rumah terlalu berambisi menjadi juara sehingga merugikan Indonesia
Manila, Filipina (ANTARA) - Atlet pencak silat Suci Wulandari sukses melaksanakan tugasnya di SEA Games 2019 Filipina setelah mampu merebut medali emas kelas tanding A (45-50 kg) di Subic Bay Exhibition Center, Filipina, Kamis.

Hasil ini jelas membuat tim pencak silat Indonesia tersenyum karena emas mulai mengalir. Kran emas sendiri dibuka oleh Puspa Arum Sakti yang merebut emas nomor seni tunggal putri. Untuk seni putra, Indonesia dipastikan gagal.

Pada nomor tanding ini Suci menang dengan cukup meyakinkan karena menang TKO (5-0) atas pesilat Thailand, Duromae Firdao. Dengan demikian, pesilat berjibab ini menyumbangkan emas kedua pencak silat bagi kontingen Indonesia pada kejuaraan dua tahunan itu.

Baca juga: Pencak silat pecah telur emas lewat Puspa Arum Sari

Baca juga: Tampil di 9 kelas, pencak silat targetkan empat emas SEA Games


Namun sayang, awal manis Suci Wulandari tidak diikuti oleh Mustakim Khoirudin yang turun di kelas A (45-55 kg) karena harus menyerah dari pesilat Thailand, Thamkaeo Nitia setelah menang angka dengan skor 4-0. Mustakim harus puas dengan medali perak.

Pencak silat awalnya memang diharapkan menjadi lumbung emas bagi kontingen Indonesia. Namun, realisasi di lapangan berbeda. Tiga nomor seni putra yang diharapkan mampu menyumbang emas ternyata tidak sesuai harapan.

Pesilat andalan Indonesia, Dino Bima Sulistianto yang turun pada nomor seni tunggal putra hanya meraih perunggu 460 poin. Medali emas direbut pesilat tuan rumah Filifina, Eemar Taucel dengan nilai 470 dan perak direbut pesilat Singapura dengan 461 poin.

Baca juga: Emas masih seret, Indonesia berharap dari dari pencak silat

"Tuan rumah terlalu berambisi menjadi juara sehingga merugikan Indonesia. Pelatih pun menilai penampilan pesilat tuan rumah kurang," kata Dino Bima dalam keterangan resminya.

Kegagalan juga dialami tim beregu Indonesia yang beranggotakan Trio Nunu, Anggi dan Asep pada nomor seni beregu putra. Begitu juga dengan pasangan Dedi Setiadi dan Agung Falatehan pada nomor ganda putra.

Baca juga: Menpora berharap pencak silat jadi penyumbang medali emas SEA Games

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019