Banyak kontingen Indonesia yang datang ke sini untuk menikmati masakan Indonesia
Metro Manila (ANTARA) - Warung Indo yang menyajikan beberapa menu makanan khas Indonesia di Filipina "kebanjiran" kontingen Indonesia yang berlaga di SEA Games 2019, mereka datang untuk menikmati makanan di tempat itu.

Manajer Warung Indo, Ardi di Makati, Metro Manila, Kamis, mengakui sejak pelaksanaan SEA Games 2019 di Filipina omzet Warung Indo naik sekitar 30 persen dibanding hari biasa.

"Sejak berlangsungnya SEA Games 2019, memang banyak kontingen Indonesia yang datang ke sini untuk menikmati masakan Indonesia, dan mereka biasanya datang pada sore hari," tuturnya.

Ardi yang sudah membuka usaha Warung Indo sejak delapan tahun lalu itu mengakui, restorannya selalu jadi jujugan banyak masyarakat Indonesia yang datang ke Filipina, terutama di Metro Manila.

Baca juga: Pedukung Indonesia di SEA Games 2019 mayoritas pekerja di Filipina

Selain masyarakat Indonesia, kata dia, beberapa warga setempat juga ada yang sangat menyukai makanan Indonesia, karena dikenal pedas dan memiliki sedikit rasa manis.

Salah satu warga Indonesia asal Kabupaten Ngada, Flores, Andreas Koa yang ditemui di restoran mengakui, datang ke Warung Indo bertujuan untuk melepaskan rindu terhadap masakan Indonesia.

"Saya sering di sini, dan biasanya orang kedutaan juga selalu mengajak tamunya makan di sini, karena di sini dikenal enak dan memiliki rasa asli Indonesia," tuturnya.

Salah satu atlet menembak Indonesia, Rio Danu Utama Thabu yang juga ditemui usai makan di Warung Indo mengaku cukup pas dengan rasa yang ada di Warung Indo.

Dia mengatakan, selama di Filipina dirinya dan rekan penembak lainnya merasa sulit menemukan makanan yang cocok dengan lidah Indonesia, sehingga selalu mencari ke beberapa tempat di negara setempat.

Sementara itu, Warung Indo menyajikan beberapa menu khas Indonesia, seperti Gado-gado, Ayam sambal, Pecel lele, Gulai Ayam, Nasi goreng sate, Rendang, Kwetiau Seafood, serta Mie Ayam Jamur dan beberapa menu lainnya.

Baca juga: Presiden Duterte resmi buka SEA Games 2019

Baca juga: Penyalaan obor Manny Pacquiao akhiri pembukaan SEA Games 2019

Baca juga: Seruan persatuan menggema di pembukaan SEA Games 2019

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019