Liga Inggris

Marco Silva terancam dipecat, Everton pertimbangkan tunjuk David Moyes

Marco Silva terancam dipecat, Everton pertimbangkan tunjuk David Moyes

Ekspresi Marco Silva saat memimpin Everton kontra Liverpool dalam laga derby Marseyside di Anfield, Liverpool, Inggris pada 4 Desember 2019.(REUTERS/SCOTT HEPPELL)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih Everton Marco Silva terancam dipecat pada saat para petinggi klub akan menentukan masa depannya pada Jumat dan mantan pelatih David Moyes sedang dipertimbangkan sebagai pengganti sementara.

Silva sebelumnya mampu selamat dari pemecatan setelah kekalahan kandang dari Norwich City pada 23 November, tetapi peluangnya mempertahankan pekerjaannya semakin kecil setelah kekalahan 2-5 dalam pertandingan bertajuk derby Merseyside kontra Liverpool di Anfield.

Kekalahan atas rival sekota mereka membuat The Toffes harus berada di zona degradasi dengan menelan delapan kekalahan dari 11 pertandingan di liga Inggris musim ini.

Baca juga: Origi dua kali bobol gawang Everton, Liverpool kuasai Derby Merseyside

Ketika ditanya tentang situasinya di klub usai kekalahan atas Liverpool, Silva tidak memberikan jawaban.

"Saya bukan orang yang tepat untuk membicarakan situasi ini. Anda bertanya kepada saya dan saya tidak punya jawaban," ujar pelatih asal Portugal berusia 42 tahun itu yang dilansir BBC pada Kamis (5/12).

Jawabannya mungkin bisa diketahui pada Jumat, dengan Silva diperkirakan tidak akan mampu bertahan di klub sebelum pertandingan melawan Chelsea di Goodison Park pada Sabtu.

Bila ia dipecat dan Everton tidak langsung menemukan pengganti jangka panjang, maka mantan pelatih mereka David Moyes siap untuk kembali sebagai solusi sementara.

Moyes sendiri menghabiskan karier pelatih selama 11 tahun bersama Everton sebelum bergabung ke Manchester United pada 2013 untuk menggantukan pelatih legendaris Sir Alex Ferguson.

Baca juga: David Moyes ungkap rasa kecewa di masa lalu

Namun, rumor tersebut tidak disambut baik oleh para suporter yang menganggap hal itu adalah sebuah kemunduran karena minimnya prestasi pelatih asal Skotlandia tersebut sejak meninggalkan Goodison Park.

Moyes pernah dipecat oleh United dan Real Sociedad serta melatih Sunderland ketika mereka terdegradasi dari Liga Premier Inggris. Ia juga pernah menukangi West Ham.

Bila Silva dipecat, ia akan menjadi pelatih keempat yang kehilangan posisinya sejak Moshiri membeli saham Everton pada Februari 2016. Tiga pelatih lainnya adalah Roberto Martinez, Koeman dan Sam Allardyce.

Baca juga: Everton ikat Richarlison hingga 2024

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar