Bulog pastikan cadangan beras di gudang Sukabumi dalam kondisi baik

Bulog pastikan cadangan beras di gudang Sukabumi dalam kondisi baik

Petugas Gudang Beras Bulog Pasirhalang Sukabumi Cabang Cianjur, Jawa Barat saat membersihkan gudang untuk menghindari masuknya hama demi menjaga kualitas dan mutu beras. ANTARA/Aditya Rohman

Hingga saat ini kami tidak pernah ada komplain masalah kualitas beras yang disalurkan kepada warga dan dijamin beras yang tersimpan di gudang untuk cadangan ini terjaga kualitasnya..
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Cianjur memastikan cadangan beras baik jenis premium maupun medium yang disimpan di Gudang Bulog Pasirhalang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dalam kondisi baik.

"Memang isu di nasional sedang ramai membahas ada beras cadangan pemerintah yang kondisinya rusak atau busuk tetapi, kami pastikan beras yang ada di gudang Pasirhalang dalam kondisi terjaga mutunya dan layak konsumsi," kata Kepala Gudang Bulog Pasirhalang Sukabumi Cabang Cianjur Herman Felani di Sukabumi, Kamis.

Menurut dia, ribuan ton cadangan beras yang berada di gudang tersebut untuk didistribusikan ke sejumlah daerah di Kota dan Kabupaten Sukabumi selain untuk operasi pasar, beras ini juga disalurkan untuk program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT), cadangan jika terjadi bencana, gagal panen dan lainnya.

Untuk menjaga kualitas atau mutu beras yang tersimpan di gudang, lanjutnya, setiap harinya gudang ini dibersihkan dan tidak boleh ada butiran beras yang tercecer untuk antisipasi serangan hama seperti kutu dan lainnya.
Baca juga: Pemerintah kaji peraturan cadangan beras

Kemudian karena di Sukabumi kelembabannya mencapai 90 persen, ujar dia, tentunya gudang tersebut harus selalu dalam kondisi tertutup dan terjaga suhunya serta ada petugas khususnya yang selalu memeriksa kondisi beras.

Terbukti dengan pengawasan yang seperti ini kualitas beras di gudang Pasirhalang selalu terjaga bahkan, ada beberapa diantaranya cadangan beras yang tersimpan sejak April 2019 namun, kondisinya masih baik dan layak konsumsi.

"Hingga saat ini kami tidak pernah ada komplain masalah kualitas beras yang disalurkan kepada warga dan dijamin beras yang tersimpan di gudang untuk cadangan ini terjaga kualitasnya meskipun memang ada penurunan mutu tetapi, sangat minim," tambahnya.
Baca juga: Pemerintah kaji nilai 20.000 ton beras BULOG turun mutu

Herman mengatakan beras yang ada di gudang ini untuk cadangan hingga April 2020 atau saat memasuki masa panen raya. Selain itu, beras ini pun saat ini digunakan operasi pasar untuk menekan harga beras medium yang harganya sudah di atas harga ecean tertinggi (HET) Permendag.

Adapun beras yang tersedia di gudang Pasirhalang ini berasal dari sejumlah mitra dan petani di Sukabumi untuk jenisnya cukup bervariasi tapi, kualitasnya sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Baca juga: Bulog Malang pastikan tidak ada beras turun mutu
Baca juga: Presiden minta pola baru pengelolaan cadangan beras
Baca juga: Pengamat harapkan manajemen penyimpanan beras Bulog lebih memadai

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar