Jalan nasional di Palangka Raya rusak berat akibat hujan deras

Jalan nasional di Palangka Raya rusak berat akibat hujan deras

Foto Jalan aspal di kawasan Tjilik Riwut Km 1 Kelurahan Palangka, Kecematan Jekan Raya (kiri) saat retak akibat abrasi drainase akibat hujan deras yang berada di Jalan Sakan Kota Palangka Raya, Rabu (4/12/19). Dan hari ini, Kamis (5/12/19) jalan aspal tersebut kian parah (kanan). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Masyarakat di kawasan Jalan Trans Kalimantan Tjilik Riwut Km 1 Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah agar lebih waspada saat melintas jalan tersebut karena kondisi retak akibat drainase rusak diterjang hujan lebat pada hujan lebat pada Rabu (4/12) dini hari.

"Warga diminta waspada karena jalan aspal tersebut yang mengalami keretakan bertambah parah akibat cuaca buruk (hujan) yang melanda kawasan setempat," kata Legislator Kota Palangka Raya Jumat'ni saat dihubungi, Kamis.

Ia menegaskan, apabila instansi terkait tidak segera memperbaiki jalan nasional tersebut, takutnya akan menjadi permasalahan yang lebih besar lagi kedepannya hingga menganggu pengendara lain yang melintas
Baca juga: Jalan retak di Pelabuhan Kayangan ditambal sementara
Baca juga: Petugas PU Pidie Jaya tambal jalan retak pascagempa
"Kami yakin pemerintah daerah dan instansi terkait sudah memikirkan mengenai solusi kerusakan jalan tersebut, namun kalau bisa segera beraksi jangan sampai dibiarkan begitu saja, karena retakan jalan tersebut kian melebar dan dapat membahayakan masyarakat," ucapnya.

Sekretaris Partai Amanat Nasional Kota Palangka Raya itu menambahkan, untuk solusi penanganan rusaknya Jalan Trans Kalimantan Tjilik Riwut Km 1 Palangka Raya, tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah daerah saja.

Melainkan instansi perwakilan kementerian yang bergerak dibidang infrastruktur juga wajib, sebab jalan tersebut adalah jalan yang dibangun oleh negara.

"Semua instansi terkait di bidang tersebut harus bekerja sama dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Apalagi dalam waktu dekat ini masyarakat di Palangka Raya akan merayakan Natal dan Tahun Baru, jalan tersebut seharusnya segera ditangani dengan baik," demikian Jumat'ni.
Baca juga: Kendaraan jalur puncak dibatasi karena jalan retak
Baca juga: Jalan utama Pekalongan-Banjarnegara retak

Pewarta: Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar