KA Bandara Adi Soemarmo siap beroperasi 20 Desember

KA Bandara Adi Soemarmo siap beroperasi 20 Desember

Ilustrasi: Pekerja mengerjakan pembuatan Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) pesanan PT Kereta Api Indonesia (KAI), di PT Industri Kereta Api (Inka), Madiun, Jawa Timur. PT Inka mengerjakan pembuatan tiga rangkaian KRDE pesanan PT KAI dengan nilai kontrak Rp138 miliar yang akan dioperasikan di Bandara Internasional Minangkabau sebanyak dua rangkaian, dan sisanya untuk Bandara Adi Soemarmo Solo. (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Akan ada empat tempat check in yang kami sediakan, tiga di antaranya ada di bandara dan satu disediakan di Stasiun Solobalapan
Solo (ANTARA) - Kereta Api Bandara yang akan menghubungkan Stasiun Solobalapan-Bandara Adi Soemarmo siap beroperasi 20 Desember 2019 seiring selesainya pengerjaan proyek tersebut.

"Kalau peresmiannya tanggal 24 Desember 2019, rencananya akan dihadiri Pak Jokowi," kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Ia mengatakan nantinya akan ada dua rangkaian kereta yang beroperasi sebagai KA Bandara. Keduanya diperkirakan akan datang bergantian setiap 19 menit.

"Jadwalnya juga akan disesuaikan dengan kedatangan dan keberangkatan pesawat. Mulai beroperasi sejak pukul 04.00 WIB karena pesawat paling pagi pukul 06.55 WIB," katanya.

Untuk mempermudah pengguna jasa, pihaknya akan menyediakan loket untuk check in di Stasiun Solobalapan sehingga penumpang yang turun dari kereta sudah langsung bisa check in di stasiun.

"Akan ada empat tempat check in yang kami sediakan, tiga di antaranya ada di bandara dan satu disediakan di Stasiun Balapan," katanya.

Sedangkan untuk harga tiket KA bandara ini nanti akan dipatok Rp10.000-15.000/penumpang. Ia juga mengatakan perjalanannya KA Bandara ini akan singgah di Stasiun Kadipiro.

Sebelumnya, Manager Humas Daop VI Yogyakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) Eko Budiyanto mengatakan sudah menyiapkan dua rangkaian kereta untuk melayani Stasiun Solobalapan-Bandara Adi Soemarmo.

"Saat ini kedua kereta api tersebut masih kami fungsikan sebagai KA Solo Ekspres relasi Solo-Yogyakarta," katanya.

Baca juga: Angkasa Pura: Harga tiket KA bandara belum final

Baca juga: Menhub sebut tiket KA Bandara Solo Rp10.000-Rp15.000


 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemenhub akan membangun sejumlah Jalur Layang Kereta Api di Sumatera Utara

Komentar