Armada lll TNI AL jaga kedaulatan NKRI di wilayah Timur

Armada lll TNI AL jaga kedaulatan NKRI di wilayah Timur

Tarian perdamaian yang ditampilkan oleh prajurit Koarmada III (Foto Antara Papua Barat/ Ernes)

Sorong (ANTARA) - Komando Armada lll TNI Angkatan Laut Republik Indonesia yang berkedudukan di Sorong, Papua Barat, bertugas menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah Timur Indonesia.

Panglima Komando Armada lll, Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan di Sorong, Jumat, mengatakan bahwa tanggal 5 Desember telah ditetapkan sebagai Hari Armada Republik Indonesia.

Dia mengatakan, Armada Republik Indonesia telah disetujuinya dalam Peraturan Presiden Nomor 66 tahun 2019 tentang Komando Armada RI, maka Komando Armada RI akan membawahi tiga Komando Armada yakni Koarmada I, Koarmada II dan Koarmada III.

Dengan demikian, kata dia, Alutsista Armada lll terutama kapal akan ditambah ke depannya guna menunjang tugas menjaga wilayah laut perbatasan Timur Indonesia.

Menurutnya, penambahan Alutsista Armada lll yang langsung menjadi kendali Pangkalan Armada lll di Sorong tidak bisa dilakukan sekaligus, namun disesuaikan dengan dukungan anggaran pemerintah dan TNI AL.

Dikatakan, Armada lll TNI Angkatan Laut diberi tugas melaksanakan pengamanan laut wilayah perbatasan timur Indonesia. Pengamanan tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan oleh Armada lain yakni operasi rutin sehari-hari.

"Kita tentukan kapal dan tentukan personel yang merupakan penggerak di lapangan untuk melaksanakan tugas penegakan keamanan dan kedaulatan di laut timur Indonesia," ujarnya.

Ia mengajak masyarakat di Papua Barat untuk bersatu menjaga keamanan serta kedaulatan bangsa sebagaimana moto Armada lll merekatkan keberagaman dalam kebersamaan, bagaimana perbedaan itu jangan dipertentangkan tetapi justru direkatkan untuk bersama-sama membangun Papua dan membangun Indonesia.

Baca juga: Lantamal VIII Manado peringati Hari Armada RI

Baca juga: Koarmatim Surabaya gelar "Naval Base Open Day"

Baca juga: Atraksi kapal perang TNI AL warnai peringatan Hari Armada

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Mengenang sejarah perjuangan santri pertahankan kemerdekaan

Komentar