300 penyelam siap sukseskan transplantasi terumbu karang dasar laut

300 penyelam siap sukseskan transplantasi terumbu karang dasar laut

Sejumlah penyelam dari TNI AL sedang berlatih menyelam di Perairan Pulau Kodingareng Keke, Makassar, Jumat (06/12/19) (ANTARA/HO-TNI AL)

Ada 300 penyelam yang siap menyukseskan agenda itu
Makassar (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal) menerjunkan sedikitnya 300 penyelam untuk menyukseskan program "Garuda Di Lautku" berupa transplantasi terumbu karang di dasar laut Pulau Kodingareng Keke, Makassar.

"Ada 300 penyelam yang siap menyukseskan agenda itu. Mereka semua antusias untuk mencatatkan sejarah baru," ujar Asisten Operasi (Asops) Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan agenda itu akan dilaksanakan pada Maret 2020, namun sejumlah persiapan telah dilakukan salah satunya menjaga kebugaran para penyelam.

Baca juga: BI Sulsel dukung transplantasi terumbu karang "Garuda Di Lautku"

Dari 300 penyelam tersebut, di antaranya terdapat puluhan penyelam prajurit TNI AL.

Ia menyebut, berbagai persiapan dilaksanakan oleh para prajurit TNI AL ini. Salah satunya adalah dengan mengadakan latihan selam sebagai langkah penyegaran kemampuan selam yang dimiliki sebagai prajurit matra laut.

"Kebugaran para penyelam harus selalu dijaga. Latihan demi latihan akan membuat kemampuan penyelam kita lebih terasah," katanya.

Baca juga: Lantamal VI akan transplantasi terumbu "Garuda" di dasar laut

Letkol Ardhi menyatakan menyelam merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI AL. Karenanya, untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan tersebut perlu adanya latihan selam sehingga dapat menjadi prajurit yang tangkas, menguasai medan dan selalu siap dalam penugasan.

"Transplantasi terumbu karang membentuk Garuda dan tentunya terumbu karang ini akan berdampak kepada meningkatnya produksi ikan di wilayah tersebut, wahana wisata baru di Pulau Kodingareng Keke dan burung Garuda akan lebih memperkokoh jiwa kebangsaan," terangnya.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Lanal Banten lakukan transplantasi terumbu karang

Komentar