Jakpus tertibkan PKL penghalang mobil damkar di Tanah Abang

Jakpus tertibkan PKL penghalang mobil damkar di Tanah Abang

Kondisi pos Pemadam Kebakaran Tanah Abang Blok F yang jalurnya sudah disterilkan dari Pedagang Kaki Lima, Jumat (6/12/2019). (ANTARA/ Livia Kristianti)

Iya ditertibkan tadi jam 9 lah, itu mereka yang dagang sendal
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Jakarta Pusat menertibkan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) penghalang jalur keluar masuk mobil pemadam kebakaran di dekat Pasar Tanah Abang Blok F, Jumat.

Penertiban itu dilakukan usai sebuah unggahan viral di akun media sosial Instagram @jadetabek.info mengenai para PKL yang menutupi pos jaga tim pemadam kebakaran dan khawatir jika para PKL itu menghalangi para petugas jika terjadi kebakaran.

"Iya ditertibkan tadi jam 9 lah, itu mereka yang dagang sendal, dagang buah, kadang kopi keliling juga nongkrong di situ," kata Ahmad Yuliadi yang merupakan Ketua Regu Damkar Pos Tanah Abang saat ditemui di posnya, Jumat.

Baca juga: Penertiban Tanah Abang terus dilakukan
Kondisi pos Pemadam Kebakaran Tanah Abang Blok F sebelum Pedagang Kaki Lima ditertibkan, Rabu (4/12/2019). (ANTARA/ Ho- instagram @jadetabek.info)

Penertiban dilakukan secara langsung oleh Petugas Satpol PP dari Kecamatan Tanah Abang.

Ahmad mengatakan para pedagang itu sudah ada cukup lama, bahkan dirinya mengenal secara pribadi para pedagang itu.

"Ya serba salah juga. Mungkin mereka perlu juga untuk cari makan, tapi kalau mau melarang juga mereka tidak masuk ke area kita karena mereka berdagang di trotoar," kata Ahmad.

Baca juga: Belasan PKL nekat berjualan di bahu Jalan MT Haryono

Lebih lanjut, Ahmad mengatakan para PKL itu meski hari biasa menutupi jalur mobil damkar untuk keluar, namun pada saat terdengar panggilan radio untuk para petugas bekerja mereka dengan sigap membereskan barang dagangan mereka.

"Kalau sudah ada panggilan radio mereka berbenah terus membantu untuk atur lalu lintas agar mobil damkar bisa langsung keluar, " kata Ahmad.
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Satpol PP tertibkan dan sita barang 5PKL membandel

Komentar